Kompas TV internasional kompas dunia

Presiden China Xi Jinping: Tahun 2020 China Catat Kemajuan Ekonomi dan Pemberantasan Kemiskinan

Jumat, 1 Januari 2021 | 01:01 WIB
presiden-china-xi-jinping-tahun-2020-china-catat-kemajuan-ekonomi-dan-pemberantasan-kemiskinan
Presiden China Xi Jinping berbicara pada pertemuan Tahun Baru yang diselenggarakan oleh Konferensi Konsultatif Politik Rakyat China (CPPCC) di Beijing, Kamis, 31 Desember 2020 (Sumber: Ju Peng/Xinhua via AP)

BEIJING, KOMPAS TV – Presiden China Xi Jinping mengatakan, negaranya telah membuat kemajuan besar dibidang dan pemberantasan kemiskinan pedesaan selama setahun terakhir meskipun ada tantangan dari pandemi Covid-19.

China adalah raksasa ekonomi pertama yang mencatat pertumbuhan ekonomi positif pada 2020, dengan PDB atau produk domestik bruto diperkirakan melebihi 100 triliun yuan (hampir 14 triliun dollar AS) untuk tahun ini, kata Xi dalam pidato Tahun Baru pada Kamis (31/12) seperti dilansir Channel News Asia.

Dana Moneter Internasional (IMF) Oktober lalu memperkirakan China, ekonomi terbesar kedua di dunia, akan tumbuh 1,9% pada 2020, penurunan tajam dari pertumbuhan 6,1% di 2019, dan akan tumbuh 8,2% pada 2021.

Baca Juga: Pemerintah China Berikan Persetujuan Bersyarat Vaksin Covid-19 Buatan Sinopharm

China sebagian besar telah mengakhiri penularan virus Covid-19 domestik. Tetapi, pidato Xi datang ketika Pemerintah China memerintahkan langkah-langkah tambahan untuk mencegah kebangkitan kembali virus Covid-19 selama beberapa bulan mendatang.

China mendorong puluhan juta pekerja migran untuk tidak pulang kampung selama liburan Tahun Baru Imlek Februari nanti untuk mencegah penyebaran lebih lanjut dari virus korona, yang mengganggu pertemuan keluarga terpenting tahun ini.

Sekolah-sekolah di seluruh negeri tembok raksasa juga dijadwalkan untuk memulai liburan Tahun Baru Imlek seminggu lebih awal. Dan, pelancong telah mendapat pemberitahuan untuk tidak mengunjungi Beijing selama liburan.

Penulis : Edwin Shri Bimo


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
11:33
WAPRES MA'RUF AMIN HARAP ATURAN VAKSINASI COVID-19 MANDIRI KELUAR MINGGU DEPAN   WAPRES MA'RUF AMIN NILAI KELOMPOK ANTIVAKSIN COVID-19 SUDAH BERKURANG   KEMENPAREKRAF TUNJUK SELEBRITAS LADY MARSELLA JADI DUTA SATGAS TOILET UNTUK BENAHI TOILET DI KAWASAN PARIWISATA   PEMPROV DKI MULAI REALISASIKAN PEMBUATAN PEMBATAS JALUR SEPEDA PERMANEN DI SEPANJANG JALAN SUDIRMAN-THAMRIN   SEMPAT DIHENTIKAN, VAKSINASI COVID-19 PEDAGANG DI PASAR TANAH ABANG KEMBALI DILANJUTKAN HARI INI   MENKO MARVES LUHUT MINTA PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DI MALUKU DIPERCEPAT UNTUK DUKUNG LUMBUNG IKAN NASIONAL   KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA DORONG PEMDA KEMBANGKAN TALENTA DIGITAL   MENTERI PUPR: PENANGANAN BANJIR HARUS DIKERJAKAN SECARA SISTEMIK DARI HULU SAMPAI KE HILIR   BUPATI BATANG IZINKAN SEKOLAH DI ZONA HIJAU GELAR KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR (KBM) TATAP MUKA AWAL MARET 2021   PEMKAB TEMANGGUNG SASAR VAKSINASI TAHAP DUA UNTUK GURU HINGGA SOPIR ANGKUTAN UMUM   KEMENDIKBUD: VAKSINASI COVID-19 GURU DAN DOSEN DEMI WUJUDKAN SEKOLAH TATAP MUKA JULI 2021   SATGAS PENANGGULANGAN BENCANA KARHUTLA DI ROKAN HULU, RIAU, PATROLI GUNAKAN HELIKOPTER   INSTITUT PERTANIAN BOGOR SIAP BANTU PELAKSANAAN UJI PRAKLINIS VAKSIN COVID-19 MERAH PUTIH   ANALISIS MENDALAM SEPUTAR PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL. SIMAK SELENGKAPNYA: KLIK.KOMPAS.ID