Kompas TV internasional kompas dunia

Presiden China Xi Jinping: Tahun 2020 China Catat Kemajuan Ekonomi dan Pemberantasan Kemiskinan

Jumat, 1 Januari 2021 | 01:01 WIB
presiden-china-xi-jinping-tahun-2020-china-catat-kemajuan-ekonomi-dan-pemberantasan-kemiskinan
Presiden China Xi Jinping berbicara pada pertemuan Tahun Baru yang diselenggarakan oleh Konferensi Konsultatif Politik Rakyat China (CPPCC) di Beijing, Kamis, 31 Desember 2020 (Sumber: Ju Peng/Xinhua via AP)

BEIJING, KOMPAS TV – Presiden China Xi Jinping mengatakan, negaranya telah membuat kemajuan besar dibidang dan pemberantasan kemiskinan pedesaan selama setahun terakhir meskipun ada tantangan dari pandemi Covid-19.

China adalah raksasa ekonomi pertama yang mencatat pertumbuhan ekonomi positif pada 2020, dengan PDB atau produk domestik bruto diperkirakan melebihi 100 triliun yuan (hampir 14 triliun dollar AS) untuk tahun ini, kata Xi dalam pidato Tahun Baru pada Kamis (31/12) seperti dilansir Channel News Asia.

Dana Moneter Internasional (IMF) Oktober lalu memperkirakan China, ekonomi terbesar kedua di dunia, akan tumbuh 1,9% pada 2020, penurunan tajam dari pertumbuhan 6,1% di 2019, dan akan tumbuh 8,2% pada 2021.

Baca Juga: Pemerintah China Berikan Persetujuan Bersyarat Vaksin Covid-19 Buatan Sinopharm

China sebagian besar telah mengakhiri penularan virus Covid-19 domestik. Tetapi, pidato Xi datang ketika Pemerintah China memerintahkan langkah-langkah tambahan untuk mencegah kebangkitan kembali virus Covid-19 selama beberapa bulan mendatang.

China mendorong puluhan juta pekerja migran untuk tidak pulang kampung selama liburan Tahun Baru Imlek Februari nanti untuk mencegah penyebaran lebih lanjut dari virus korona, yang mengganggu pertemuan keluarga terpenting tahun ini.

Sekolah-sekolah di seluruh negeri tembok raksasa juga dijadwalkan untuk memulai liburan Tahun Baru Imlek seminggu lebih awal. Dan, pelancong telah mendapat pemberitahuan untuk tidak mengunjungi Beijing selama liburan.

Penulis : Edwin Shri Bimo





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
15:24
WHO: VARIAN DELTA JENIS VIRUS KORONA TERCEPAT DAN TERKUAT, VAKSINASI HARUS DIPERCEPAT   VAKSIN COVID-19 SPUTNIK V TELAH DIGUNAKAN DI 40 NEGARA   WHO TEMUKAN MASALAH DI SITUS PRODUKSI VAKSIN COVID-19 BUATAN RUSIA, SPUTNIK V   MANTAN PRESIDEN FILIPINA BENIGNO AQUINO III MENINGGAL DUNIA SETELAH SAKIT BEKERPANJANGAN   MENHUB BUDI KARYA SUMADI SEBUT PENGEMBANGAN PELABUHAN ANGGREK DI GORONTALO DIMULAI TAHUN INI   BALE KOTA TASIKMALAYA DITUTUP SEMENTARA SELAMA SEPEKAN SETELAH PLT WALI KOTA M YUSUF POSITIF COVID-19   PLT WALI KOTA TASIKMALAYA M YUSUF POSITIF TERINFEKSI COVID-19   POLISI TANGKAP 200 SIMPATISAN RIZIEQ SHIHAB DI PN JAKARTA TIMUR, ADA YANG MEMBAWA SENJATA TAJAM   RIZIEQ SHIHAB AJUKAN BANDING ATAS VONIS 4 TAHUN PENJARA DALAM PERKARA KASUS TES USAP DI RS UMMI BOGOR   TERBUKTI SEBAR BERITA BOHONG DAN BUAT ONAR, RIZIEQ SHIHAB DIVONIS 4 TAHUN PENJARA DALAM KASUS TES USAP DI RS UMMI BOGOR   KEMENPERIN GANDENG ASOSIASI GAS INDUSTRI INDONESIA (AGII) JAGA PASOKAN OKSIGEN RS YANG MENANGANI COVID-19   IKATAN DOKTER ANAK INDONESIA: 2.972 ANAK DI BANTEN POSITIF COVID-19, TERJANGKIT DARI ORANGTUA YANG ABAI PROKES   KEMENDIKBUD-RISTEK AKUI PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI BANYAK DAERAH BELUM OPTIMAL KARENA BANYAK KENDALA   KEMENDIKBUD-RISTEK: JIKA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS DILAKUKAN SAAT INI, MAKA BISA ATAS "LEARNING LOSS"