Kompas TV nasional peristiwa

Masyarakat Wajib Vaksin Covid-19 Apabila Menerima SMS dari Kemenkes

Kompas.tv - 1 Januari 2021, 00:51 WIB
masyarakat-wajib-vaksin-covid-19-apabila-menerima-sms-dari-kemenkes
Vaksin Covid-19 buatan Pfizer dan BioNTech (Sumber: AP Photo)
Penulis : Dian Septina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Kesehatan disebutkan mulai mengirimkan pesan singkat atau SMS kepada tiap warga negara untuk melakukan vaksinasi Covid-19 mulai Kamis (31/12/2020).

Hal tersebut sebagaimana tercantum dalam Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK.01.07/Menkes/12757/2020 tentang Penetapan Sasaran Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19.

Masyarakat yang menerima SMS wajib mengikuti pelaksanaan vaksinasi. Adapun sasaran pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 merupakan masyarakat kelompok prioritas penerima vaksin Covid-19 sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

"Masyarakat yang mendapatkan pemberitahuan melalui SMS blast wajib mengikuti pelaksanaan vaksinasi Covid-19," demikian bunyi diktum ketiga Kepmenkes.

Pengecualian berlaku bagi masyarakat yang tidak memenuhi kriteria penerima vaksin Covid-19 sesuai dengan indikasi vaksin yang tersedia.

"Dikecualikan bagi masyarakat yang tidak memenuhi kriteria penerima vaksin Covid-19 sesuai dengan indikasi vaksin Covid-19 yang tersedia," tulis keputusan itu.

Baca Juga: Cek HP, Kemenkes Kirim Pesan Singkat untuk Warga yang Dapat Vaksin Tahap Pertama

Jubir Vaksinasi Covid-19 Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi menjelaskan bahwa SMS yang dikirimkan pada Kamis (31/12/2020) masih berupa SMS pemberitahuan.

“Hari ini baru SMS edukasi, mengingatkan bahwa kita mau mulai melaksanakan vaksinasi. Siap-siap jaga kesehatan, terus nanti diminta berpartisiasi saat proses vaksinasi,” ucap Siti Nadia Tarmizi.

Ia mengatakan, SMS yang akan dikirimkan tersebut belumlah berupa SMS untuk pendaftaran.

“Belum mulai SMS pendaftaran. Edukasi dulu, kalau sudah edukasi baru nanti kalau sudah mendekati (waktu vaksinasi) baru pendaftaran,” katanya lagi.

Ia menjelaskan, untuk SMS pendaftaran yang dikirimkan setelah SMS edukasi tersebut, berupa link untuk registrasi. Nantinya akan ada pilihan tempat vaksinasi beserta tanggal, waktu dan tempat.

Baca Juga: Terkait Vaksinasi Covid-19 Pada 2021, Pemprov DKI Masih Tunggu Instruksi Pemerintah Pusat

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x