Kompas TV nasional peristiwa

Waspada Awal Tahun 2021 Jakarta dan 18 Provinsi Lain Akan Diguyur Hujan Lebat

Kompas.tv - 31 Desember 2020, 23:24 WIB
waspada-awal-tahun-2021-jakarta-dan-18-provinsi-lain-akan-diguyur-hujan-lebat
Ilustrasi hujan petir. (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPAS.TV – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai potensi hujan lebat di awal tahun 2021.

Daerah penyangga seperti Tangerang, Tangerang Selatan, dan Bekasi juga diprediksi akan diguyur hujan lebat yang akan terjadi pada 1-2 Januari 2021.

Daerah lain yang juga diperkirakan akan mengalami cuaca hujan lebat yakni Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali.

Baca Juga: Polisi Akan Tangkap Warga yang Nyalakan Kembang Api di Malam Tahun Baru

Kemudian, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Papua Barat, dan Papua.

Khusus wilayah DKI Jakarta, BMKG memprediksi adanya potensi hujan lebat pada malam pergantian tahun 2020 menuju 2021 atau Kamis ini.

Rincian wilayah yang berpotensi hujan lebat di DKI Jakarta dan sekitarnya meliputi Menteng dan Tanah Abang di Jakarta Pusat, Kebon Jeruk dan Kembangan di Jakarta Barat.

Kemudian, Tangerang, Cibodas, Karawaci, Pinang, dan Karang Tengah di Kota Tangerang dan Tigaraksa, Curug, Cikupa, Panongan, Kelapa Dua, dan sekitarnya di Kabupaten Tangerang.

Baca Juga: Jelang Tahun Baru 2021, Bareskrim Polri Tangkap Jaringan Pengedar Sabu Aceh, Medan, dan Jakarta

Selain itu, hujan lebat juga diprakirakan mengguyur wilayah Pulogadung, Jatinegara, Cakung, Matraman, Kramatjati, Duren Sawit, dan Makasar di Jakarta Timur.

"Kemudian, Kelapa Gading di Jakarta Utara; dan Tebet, Setiabudi, Mampang Prapatan, Pasar Minggu, Kebayoran Lama, Cilandak, Kebayoran Baru, Pancoran, Pesanggrahan di Jakarta Selatan; Pondok Cabe, Serpong, Pondok Aren, Ciputat di Tangerang Selatan," tulis BMKG dalam keterangan pers, Kamis (31/12/2020). Dikutip dari Kompas.com.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekaligus Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo meminta masyarakat mewaspadai potensi cuaca yang dapat memicu bencana banjir dan tanah longsor.

Selain itu, Doni meminta masyarakat tetap berada di rumah untuk memutus rantai penularan virus SARS-CoV-2.

Baca Juga: Pangdam Jaya dan Wagub DKI Patroli Jakarta di Malam Tahun Baru

"Segenap komponen masyarakat lainnya ikut mendukung peningkatan disiplin dan kepatuhan terhadap protokol kesehatan, kita bisa menurunkan jumlah kasus aktif dengan jumlah yang cukup signifikan," ujar Doni.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x