Kompas TV regional berita daerah

Bisnis Keren Nan Inovatif! Limbah Plastik Diubah Jadi Produk Fashion Yang Tembus Pasar Dunia

Kamis, 31 Desember 2020 | 15:30 WIB

SEMARANG, KOMPAS.TV-

Bermula dari hobi serta mendapati kenyataan jika Indonesia menjadi salah satu negara terbesar penghasil sampah plastik, seorang perempuan muda di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, justru sukses mengolah limbah sampah plastik menjadi berbagai produk tas, dan aksesoris fashion kualitas ekspor.
Dalam kurun waktu satu bulan, ada ratusan kilogram sampah plastik yang berhasil diolah menjadi berbagai jenis produk keren.

Bisnis yang digeluti oleh Deasy Astarina warga Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, berawal saat dia melihat banyak tas plastik atau kresek di sekitarnya.
Rasa prihatin karena limbah plastik hanya menjadi sampah, kemudian melahirkan ide untuk memanfaatkan limbah plastik atau kantong plastik untuk dibuat jadi kerajinan.

Deasy mulai mencoba membuat berbagai macam aksesoris fashion usai lulus kuliah pada Oktober 2014 silam. Dari membuat atau memproduksi, Deasy kemudian mulai rajin mengikuti bazar. Dari sini kembali muncul ide membuat aksesoris fashion dari bahan dasar yang berbeda dari yang lain, yakni sampah plastik. Dan ternyata respon dari teman-teman sangat positif, yang akhirnya dikembangkan jadi bisnis yang bisa menghasilkan keuntungan.

Seiring berjalannya waktu bisnis memanfaatkan limbah plastik, Deasy semakin serius tekuni usaha ini dengan melibatkan warga sekita untuk menjadi  menjadi mitra.

Deasy Astarina memberikan nama produknya dengan label Kreskros, yang sekaligus menjadi wadah bekerja dan brand hasil karyanya.

Sebelum pandemi Covid-19, produk-produk Kreskros telah menembus pasar di Singapura dan Australia. Di awal pandemi, pengiriman produksi masih stabil, tapi memasuki Juni 2020, ada penurunan sangat drastis, bahkan penurunan penjualan berkurang hingga 80%.
Saat masa sulit di masa pandemi, Deasy Astarina memanfaatkan waktunya untuk recovery dan berpikir kembali, terutama untuk memperbaiki sistem dan teknik untuk mengembangkan bisnisnya.

Saat ini kreskros sudah melakukan berbagai inovasi dan terobosan untuk kembali berproduksi dan melakukan penjualan hasil karyanya. Saat ini Kreskros sudah berhasil menembus pasar dunia hingga California, Amerika Serikat.
Produk-produk Kreskros dijual dengan harga bervariasi dari Rp 85 ribu hingga  Rp 2,4 juta.
Produk yang banyak diminati adalah jenis tas, waist bag, pouch dan kotak pensil, yang rata-rata dijual seharga  Rp 250 ribu hingga Rp 800 ribu.

Penulis : Herwanto

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Kasus Penyerangan Asrama Mahasiswa

Jumat, 3 Desember 2021 | 19:12 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
19:33
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19