Kompas TV bbc bbc indonesia

Bagaimana Corona Mengubah Dunia, Dimulai dari Cara Hidup Kita Semua

Kompas.tv - 31 Desember 2020, 05:00 WIB
Penulis : Aryo bimo

KOMPAS.TV - Pandemi virus Corona telah mengubah cara kita hidup, dengan pembatasan sosial atau 'lockdown' dan menjaga jarak (social distancing).

Satu hal yang tampaknya pasti adalah bahwa kita akan menghabiskan lebih banyak waktu kita secara daring. 

Kita cenderung lebih sedikit bepergian dan banyak melakukan sesuatu dari rumah.

Banyak guru dan siswa menggunakan sistem pembelajaran jarak jauh untuk pertama kalinya selama pandemi.

Lebih banyak kebebasan bagi siswa untuk belajar kapan pun mereka mau. Sekolah tidak akan hilang dalam waktu dekat, dengan hanya 60% dunia yang memiliki akses ke internet.

Tetapi krisis ini telah menunjukkan bahwa segala sesuatu dapat dimungkinkan terjadi dengan sedikit perencanaan atau keahlian.

Sebelum terjadi pandemi Corona, beberapa ahli mengatakan bahwa hingga setengah dari pekerjaan saat ini dapat menjadi otomatis pada tahun 2055.

Kenyataannya, hal itu nampaknya muncul lebih awal. Kita harus mengubah cara kita melihat pekerjaan dan juga bagaimana kita menghasilkan uang.

Beberapa negara mungkin menanggapi pengangguran yang lebih tinggi dengan memperkenalkan pendapatan dasar bagi semua warga negara.

Ini adalah ketika pemerintah memberikan sejumlah uang kepada semua warganya, untuk hidup dengan standar yang wajar.

Pandemi juga memungkinkan kita untuk mengembangkan solusi baru dan inovatif karena kebutuhan, dan solusi yang pasti akan mengubah cara kita hidup selamanya.





Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x