Kompas TV bbc bbc indonesia

Cerdas! Tanggapan Remaja di Berbagai Negara Tentang Situasi New Normal

Kamis, 31 Desember 2020 | 01:01 WIB

LONDON, KOMPAS.TV - Victoria Gill, seorang jurnalis kantor berita BBC London, mencoba menjawab pertanyaan beberapa remaja dari berbagai belahan dunia. 

Victoria adalah seorang reporter yang banyak menulis berita tentang ilmu pengetahuan atau sains. Pertanyaan pertama datang dari Braden, remaja pria asal Selandia Baru, yang berusia 15 tahun.

"Apakah menjaga jarak (social distancing) merupakan bagian dari new normal?," tanya Braden.

Victoria lalu menjawab bahwa kontak erat berisiko tinggi untuk dapat tertular virus Corona. Terlebih apabila orang tersebut mengalami batuk atau bersin, karena cipratan droplets dapat menularkan virus.

Pertanyaan selanjutnya datang dari Fiona, remaja putri berusia 15 tahun asal New York, Amerika Serikat. Fiona menganggap kurangnya persiapan dunia dalam menghadapi pandemi Corona.

"Tindakan apa yang dapat dilakukan untuk menangani krisis pandemi, sekaligus mencegahnya untuk muncul di kemudian hari?," tanya Fiona.

Gill lalu menjawabnya dengan mengatakan bahwa seluruh bangsa-bangsa di dunia sedang berupaya memerangi pandemi.

Berdasarkan hasil penelitian, virus diduga berasal dari perdagangan hewan liar, sehingga perlu dilakukan kontrol perdagangan hewan liar untuk mencegah terjadinya pandemi yang sama.

Penulis : Aryo bimo


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
19:48
PENCOPOTAN 12 ANGGOTA GARDA NASIONAL DARI TIM KEAMANAN BIDEN KARENA BERPOTENSI MEMILIKI PAHAM EKSTREMIS   SEBANYAK 12 ANGGOTA GARDA NASIONAL DICOPOT DARI TIM KEAMANAN PELANTIKAN PRESIDEN TERPILIH AS   MENLU AS MIKE POMPEO SEBUT TIONGKOK TELAH MELAKUKAN GENOSIDA TERHADAP ETNIK UIGHUR DI XINJIANG   LIGA 1 DAN LIGA 2 2020 DIBATALKAN KARENA PANDEMI KORONA   BNPB: JALUR MENUJU 5 DESA DI KECAMATAN ULUMANDA, SULBAR, SUDAH BISA DILALUI KENDARAAN RODA DUA   BASARNAS PASTIKAN TANDA SOS DI PULAU LAKI, KEPULAUAN SERIBU, ADALAH HOAKS   KEMENDIKBUD: 30 RIBUAN SEKOLAH BELAJAR TATAP MUKA SAAT PANDEMI PER 14 JANUARI 2021   SEBANYAK 686 PENGUNGSI GEMPA DI MAJENE DAN MAMUJU, SULBAR, DIEVAKUASI KE KOTA MAKASSAR, SULAWESI SELATAN   KPU CIANJUR TUNDA PLENO PENETAPAN BUPATI TERPILIH   ASOSIASI PEDAGANG DAGING INDONESIA (APDI) SEBUT PEMERINTAH AKAN MENGIMPOR DAGING SAPI DARI AUSTRALIA DAN MEKSIKO   KEMENDAG PATOK HARGA DAGING SAPI PALING MAHAL RP 130.000 PER KG   PROTES LONJAKAN HARGA DAGING SAPI DI RPH, PEDAGANG DAGING SAPI DI JABODETABEK MOGOK JUALAN   BMKG: SAAT INI SEBAGIAN BESAR WILAYAH INDONESIA MEMASUKI PUNCAK MUSIM HUJAN, WASPADA CUACA EKSTREM   PRESIDEN JOKOWI PERBOLEHKAN PENAMAAN PULAU, GUNUNG, DAN SUNGAI MENGGUNAKAN BAHASA ASING