Kompas TV nasional peristiwa

7 Pemuda Diamankan Saat Brimob-TNI Copot Atribut FPI di Petamburan

Kompas.tv - 30 Desember 2020, 18:29 WIB
7-pemuda-diamankan-saat-brimob-tni-copot-atribut-fpi-di-petamburan
Kepolisian masih berjaga-jaga di depan jalan masuk markas FPI di Jalan Petamburan III, Jakarta Pusat, Rabu (30/12/2020). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Aparat kepolisian mengamankan 7 orang saat operasi pencopotan atribut Front Pembela Islam (FPI) di Markas FPI di Jalan Petamburan III, Jakarta Pusat, Rabu (30/12/2020).

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Heru Novianto mengatakan, ketujuh orang tersebut tidak ditangkap, namun hanya untuk diperiksa saja.

"Yang pemuda kita amankan tadi kita tanyakan identitasnya apakah orang Petamburan atau bukan. Hanya kita amankan untuk kita tanyakan saja," ujar Heru saat wawancara di lokasi Markas FPI, Rabu.

Ketujuh pemuda yang diamankan tersebut dibawa ke Polda Metro Jaya.

"Tidak ada penangkapan, kita mendata saja ada sekitar tujuh orang. Dibawa ke Polda untuk kita tanyakan kita periksa," sambung Heru.

Baca Juga: Kapolres: Kami Yakinkan Markas FPI Tak Ada Aktivitas Lagi, Saya dan Dandim akan Awasi


Sebelumnya, puluhan Brimob dan TNI mendatangi markas FPI untuk mencabut sejumlah atribut FPI setelah organisiasi itu resmi dibubarkan pemerintah. Mereka tiba di Petamburan III, Jakarta Pusat, pukul 16.10 WIB.

Pasukan gabungan itu dipimpin oleh Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Heru Novianto dan Dandim 0501/Jakarta Pusat Kolonel Inf Luqman Arief.

Pantauan di lokasi, aparat langsung mencopot berbagai atribut yang masih dipasang di sekitar markas FPI.

Tak ada perlawanan dari simpatisan FPI atau warga sekitar saat operasi ini dilakukan.

Kapolres Jakpus Kombes Heru Novianto sempat mengetok markas FPI sebelum pencopotan atribut. Namun, tak ada jawaban dari dalam kantor FPI. Operasi pencopotan atribut masih berlangsung hingga berita ini ditulis.

Heru mengatakan, kegiatan FPI mulai hari ini, Rabu, tidak boleh dilakukan. Baik banner, pamflet, atribut-atribut dicopot semuanya.

"Begitu juga dengan kegiatan aktivitas yang lainnya. Artinya FPI sudah dibubarkan dan tidak boleh ada aktivitas," kata Heru.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.