Kompas TV advertorial

Pertamina Youthpreneur 2020 Lahirkan 15 Startup Jagoan Lokal

Kompas.tv - 30 Desember 2020, 18:21 WIB
pertamina-youthpreneur-2020-lahirkan-15-startup-jagoan-lokal
Pemilik Cooklab Kartika Dwi Baswara yang juarai Pertamina Youthpreneur 2020. (Sumber: KompasTV)
Penulis : Elva Rini

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pertamina Youthpreneur 2020 berhasil menjaring 15 startup terbaik dan berkesempatan memperoleh total hadiah apresiasi hingga Rp 300 juta. Tidak hanya itu, startup terpilih ini akan turut bergabung dalam Program Kemitraan Pertamina.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina, Fajriyah Usman menyebutkan, selain mendapat hadiah senilai ratusan juta, para pemenang juga berpeluang mendapatkan materi-materi dari mentor berkompeten melalui Program Kemitraan Pertamina.

“Jadi sebagai apresiasi terhadap startup yang terpilih ini Pertamina memberikan cloud storage kemudian ada subscription software dan lain-lainnya yang akan sangat bermanfaat bagi keberlangsungan startup digital dengan total apresiasi 300-an juta rupiah,” kata Fajriyah dalam Sapa Pagi Indonesia, Kamis (24/12/2020).

Salah satu startup berhasil membuktikan diri layak mendapat apresiasi Pertamina Youthpreneur 2020 ialah Cooklab.id.

Baca Juga: Kisah Hitara, UMKM Binaan Pertamina Bangkit di Masa Pandemi

Cooklab merupakan aplikasi yang memudahkan penggunanya dalam memasak. Aplikasi ini mampu menyiapkan bahan-bahan masakan dari beragam menu dengan porsi dan ukuran yang presisi.

Pemilik Cooklab, Kartika, awalnya mengaku sempat ragu melanjutkan bisnis startup di tengah pandemi.

Namun dengan suntikan modal, pembekalan pengetahuan, dan pembinaan yang adaptif di kondisi pandemi dari Pertamina, dirinya yakin Cooklab tetap memiliki peluang berkembang.

“Kalau mau memulai bisnis, ‘aduh ini waktu yang tepat enggak ya? Atau mestinya kerja dulu, atau nabung dulu untuk cari modal?’ Tapi dengan adanya bantuan dari Pertamina, kita jadi yakin bisa ngelakuin,” curhat Kartika.

“Dengan pengalaman yang ada dibantu dengan network dari Pertamina sendiri, dari mentor-mentornya, dari pembelajaran softskill yang mereka berikan, kita jadi semakin pede bahwa kita bisa,” tegasnya.

Semangat muda startup Indonesia.

Dalam kurun waktu pendaftaran, sebanyak 278 wirausahawan muda bidang startup mengikuti perhelatan besar ini.

Tingginya antusiasme, menurut Fajriyah, merupakan bukti perkembangan positif startup di Indonesia yang perlu didukung sehingga potensial menjadi sektor pertumbuhan ekonomi nasional.

“Dalam waktu masa pendaftaran tersebut, banyak sekali startup mendaftar menunjukkan bahwa startup di Indonesia sedang berkembang dan mereka membutuhkan bantuan atau dukungan dari BUMN, terutama dari Pertamina,” tutur Fajriyah.

Baca Juga: Dukung UMKM Indonesia di Festival Jagoan Lokal

Terselenggaranya program ini sejalan dengan tujuan dalam Sustainable Development Goals (SDGs) Pertamina, yakni mendukung pertumbuhan ekonomi inklusif dan berkelanjutan serta tenaga kerja penuh dan produktif.

Dengan menggandeng sejumah pihak seperti KUMPUL, BEKUP (Baparekraf for Startup), dan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, Pertamina berharap program ini bisa membantu masyarakat mendapat pekerjaan yang layak serta mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.