Kompas TV kolom opini

Kasus Artis GA dan Pentingnya Perlindungan Hak atas Konten Pribadi

Rabu, 30 Desember 2020 | 13:31 WIB
kasus-artis-ga-dan-pentingnya-perlindungan-hak-atas-konten-pribadi
(Sumber: Shutterstock)

Oleh: Mariana Amiruddin, Aktivis Perempuan

Seseorang merekam video dirinya yang disimpan sebagai konten pribadi.  Konten itu adalah miliknya yang sangat pribadi. Sepribadi buku harian seseorang untuk menumpahkan segala hal yang dirahasiakan. 

Buku harian seseorang tidak boleh diintip siapapun karena sifatnya yang sangat pribadi. Karena itulah dahulu kita menemukan buku-buku harian yang terdapat kunci dan gembok yang disimpan pemiliknya sebagai tanda rahasia.

Orang yang mengintip buku harian, maka dianggap pencuri. Si pemilik buku harian akan marah karena merasa hal-hal pribadinya diketahui.

Saat ini, buku harian itu ibarat konten digital yang digunakan saat ini. Baik berupa foto ataupun video.

Artis GA, adalah si pemilik “buku harian” itu. Mungkin sudah tiga tahun lamanya disimpan di perangkat elektroniknya. Kelemahan perangkat elektronik, ia tidak seperti buku harian yang kelihatan secara fisik dan bisa disimpan dengan baik. “Buku harian” berupa video itu tercecer sampai ditemukan orang lain dalam perangkat elektronik yang mungkin sudah bukan miliknya lagi.

Sampai akhirnya video itu disebarkan seseorang melalui media sosial yang berisi jutaan netizen. Netizen mengkonsumsinya sebagai barang pornografi. Netizen lain mengamuk karena dianggap video asusila.

Penulis : Zaki Amrullah


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Susan Radit
Rabu, 30 Desember 2020, 13:51 WIB
jadi lah ibu yang bijaksana dalam berbuat sesuatu,



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
20:59
GABUNGAN INDUSTRI KENDARAAN BERMOTOR INDONESIA (GAIKINDO): EKSPOR BUATAN MOBIL INDONESIA ANJLOK 30 PERSEN DI 2020   SEBANYAK 10 PENDAKI GUNUNG DEMPO MASUK DALAM DAFTAR HITAM KARENA MENGAMBIL KAYU PANJANG UMUR (CANTIGI)   MENTERI BUMN ERICK THOHIR TELAH MENEMUI KPK DAN BPK UNTUK BAHAS VAKSIN COVID-19 MANDIRI ATAU BERBAYAR   KCI: DALAM MASA UJI COBA TERBUKA PADA 1-7 FEBRUARI 2021, CALON PENUMPANG KRL YOGYAKARTA-SOLO HANYA BAYAR TIKET RP 1   MULAI 1 FEBRUARI 2021, KCI UJI COBA KRL YOGYAKARTA-SOLO DENGAN PENUMPANG TERBATAS BAGI MASYARAKAT UMUM   BASARNAS PASTIKAN TANDA SOS DI PULAU LAKI, KEPULAUAN SERIBU, HOAKS   BADAN PUSAT STATISTIK MENYATAKAN TERDAPAT 1,8 JUTA TENAGA KERJA DI INDUSTRI MANUFAKTUR YANG TERDAMPAK PANDEMI   DIREKTUR EKSEKUTIF CORE INDONESIA M FAISAL: PELAKU INDUSTRI MANUFAKTUR TERUS MENURUN SELAMA PANDEMI   LIMA KECAMATAN DI KABUPATEN SEMARANG, JAWA TENGAH, MASUK ZONA MERAH PENYEBARAN COVID-19   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN SUDAH MEMINTA PEMERINTAH MENGAMBIL ALIH KOORDINASI PENANGANAN COVID-19 DI JABODETABEK    JELANG KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR TATAP MUKA, SEBANYAK 37 GURU DI PADANG PANJANG, SUMBAR, POSITIF COVID-19   MENSOS TRI RISMAHARINI SEBUT WARGA KORBAN LONGSOR DI MANADO , SULAWESI UTARA, AKAN DIRELOKASI KE RUSUN   MENTERI LHK KLAIM HULU DAERAH ALIRAN SUNGAI BARITO WILAYAH KALIMANTAN SECARA KESELURUHAN MASIH TERJAGA BAIK   LAYANI KEBUTUHAN MAKANAN KORBAN BANJIR DI KALIMANTAN SELATAN, MARINIR TNI AL DIRIKAN DAPUR LAPANGAN