Kompas TV regional berita daerah

Pemkot Banjarmasin Putuskan Sekolah Tatap Muka Akan Dimulai 11 Januari 2021

Kompas.tv - 30 Desember 2020, 07:23 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Usai menjalani rapat tertutup bersama Dinas Pendidikan serta Dinas Kesehatan di Balaikota Banjarmasin, selasa siang (29/12/2020), Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina memutuskan menyetujui kegiatan sekolah tatap muka pada awal tahun 2021. 

Keputusan itu diambil pemerintah Kota Banjarmasin sesuai dengan hasil rapat bersama, tentang teknis pembelajaran secara langsung sesuai dengan edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan terkait sekolah tatap muka.

Dimana sekolah tatap muka di Banjarmasin untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas dan Sekolah Dasar (SD) akan dimulai pada 11 Januari 2020.

Namun untuk SD, hanya direkomendasikan untuk kelas 4, 5 dan 6.

Baca Juga: Lama Tutup, Warga Berharap Kawasan Wisata Siring Banjarmasin Kembali Dibuka dengan Penerapan Prokes

Sekolah tatap muka dibuka berdasarkan ajuan dari pihak sekolah ke Dinas Pendidikan yang kemudian divisitasi oleh Dinas Kesehatan untuk memastikan sekolah memadai untuk dibuka saat pandemi.

Meski demikian, Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina menegaskan akan tetap menutup sekolah apabila sekolah tersebut berada di kawasan zona merah penyebaran covid-19.

Termasuk juga siswa yang berada di kawasan zona merah kendati bersekolah di zona hijau, juga tak diperbolehkan untuk mengikuti pembelajaran tatap muka.

"Zona merah sebenarnya diperbolehkan, tapi khusus di Kota Banjarmasin tidak diperbolehkan, kelurahan zona merah," Ucap Ibnu Sina.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin, Totok Agus Daryanto menerangkan ada sejumlah aturan yang nantinya akan diterapkan jika sejumlah sekolah ingin melaksanakan pembelajaran tatap muka.

"Jadi murid dan sekolah yang ada di zona merah tidak diperbolehkan sekolah tatap muka," ucap Totok.

Baca Juga: Dua Kelurahan di Banjarmasin Kembali Jadi Zona Merah Covid-19, Kadinkes Monitoring Puskesmas

Hal ini juga berdasarkan permintaan dari 80 dari 100 persen orang tua siswa yang sebelumnya mengikuti melakukan tahapan simulasi maupun yang sudah pada masa transisi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x