Kompas TV entertainment selebriti

Dunia Fashion Perancis Berduka: Perancang Busana Senior Pierre Cardin Wafat di Usia 98 Tahun

Kompas.tv - 29 Desember 2020, 22:04 WIB
dunia-fashion-perancis-berduka-perancang-busana-senior-pierre-cardin-wafat-di-usia-98-tahun
Perancang busana revolusioner asal Perancis, Pierre Cardin, wafat di usia 98 tahun (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo

PARIS, KOMPAS TV — Berita duka datang dari Perancis, perancang gaek negara itu, Pierre Cardin, wafat di usia 98 tahun, demikian diumumkan Akademi Seni Rupa Perancis yang dikutip Associated Press Selasa (29/12/2020).

Pierre Cardin terkenal sejagad setelah karya ikoniknya yang bergaya Space Age melontarkan Pierre ke puncak adibusana dunia tahun 1960an. Sejak itu, namanya terukir di berbagai produk berselera tinggi nan mahal yang dijual di penjuru dunia.

Pierre adalah seorang pionir lisensi dagang, yang namanya terukir di ribuan produk mulai jam tangan hingga seprai tempat tidur. 

Pada puncak ketenaran tahun 1970an dan 1980an, produk yang menggunakan ukiran namanya dijual di lebih dari 100,000 toko seluruh dunia.

Baca Juga: Perancang Busana Kenzo Takada Meninggal Karena Covid-19

Jumlah itu menciut bertahun kemudian, saat produknya makin dianggap barang yang dibuat murah dan busananya – yang rancangannya tidak berubah dari gaya 60an, dianggap kuno dan ketinggalan jaman.

Pierre yang juga seorang pebisnis handal menggunakan kekayaannya saat itu untuk membeli berbagai properti papan atas di Paris, termasuk restoran Maxim’s yang sering dia sambangi.

Akademi Seni Perancis mengumumkan kepergian Pierre Cardin melalui sebuah tweet hari Selasa (29/12/2020). Pierre sendiri adalah anggota Akademi Seni Perancis sejak 1992. Pengumuman tersebut tidak menyebut penyebab maupun kapan perancang itu wafat.

Cardin memimpin revolusi dunia busana sejak awal 1950an bersama rekan satu negaranya Andre Courreges dan kawannya asal Spanyol Paco Rabanne, yang juga terkenal dengan gaya rancangan Space Age.

Baca Juga: Busana aespa di Red Carpet KBS Gayo Daechukje 2020 Menyita Perhatian

Perancang busana Prancis Pierre Cardin mempersembahkan pamerannya bertajuk Desain dan Mode 1950- 2005 di Akademi Seni di Wina, Austria. (Sumber: AP Photo)


Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x