Kompas TV nasional peristiwa

Sembuh dari Covid-19, Gubernur DKI Anies Baswedan akan Kembali Berkantor

Kompas.tv - 29 Desember 2020, 15:31 WIB
sembuh-dari-covid-19-gubernur-dki-anies-baswedan-akan-kembali-berkantor
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengikuti perayaan HUT ke-92 Persija secara virtual (28/11/2020) (Sumber: INSTAGRAM/ ANIES BASWEDAN)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, disebut sudah sembuh alias negatif dari virus corona atau Covid-19. Hal tersebut dipastikan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria.

Setelah dinyatakan sembuh, Anies Baswedan sudah diperbolehkan kembali ke rumah pada hari ini, Selasa (29/12/2020). Anies diperbolehkan kembali berkumpul bersama keluarganya.

Anies Baswedan diketahui telah menjalani isolasi mandiri di rumah dinasnya di bilangan Menteng, Jakarta Pusat selama 28 hari.

Baca Juga: Anies Perpanjang Kembali PSBB Transisi Jakarta hingga 3 Januari 2021

Setelah selama itu menjalani isolasi, kata Riza, tim dokter yang merawatnya di rumah dinas menyatakan Anies Baswedan sembuh. 

Hal tersebut, kata dia, diketahui berdasarkan hasil swab test terakhirnya yang menunjukkan negatif Covid-19. 

“Kesehatan Pak Anies Baswedan makin membaik. Alhamdulillah, Pak Anies sudah negatif (Covid-19 dan sudah pulang ke rumah,” kata Riza Patria kepada reporter Kompas TV Nizar Ramadika di Jakarta, Selasa (29/12/2020).

Setelah dinyatakan negatif Covid-19, Riza menambahkan, dalam waktu dekat Anies Baswedan akan kembali bekerja di Balaikota DKI Jakarta.

Baca Juga: Ucapkan Natal, Gubernur Anies Baswedan Ajak Masyarakat Pererat Persaudaraan

“Pak anies segera akan kembali ke balaikota ya. Nanti kita lihat, saya kira tidak lama lagi mudah-mudahan segera yang pasti sudah negative, alhamdulilah,” ujar Riza.

Seperti diketahui Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dinyatakan positif Covid-19 setelah melakukan swab test pada 30 November 2020.

Anies mengetahui hasil swab pada 1 Desember 2020 dinihari dengan hasil positif. Dia diduga terpapar dari Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Patria yang lebih dulu dinyatakan positif Covid-19 pada Minggu (29/11/2020) lalu.

Pada Minggu (27/12/2020) Anies Baswedan masih positif virus corona (Covid-19) setelah dua hari sebelumnya menjalani tes usap Covid-19.

Baca Juga: Anies Baswedan Ucapkan Selamat Natal dan Apresiasi Perayaan Tetap dengan Protokol Kesehatan

Namun begitu, Anies dalam kondisi baik dan masih melakukan isolasi mandiri. Anies juga dikatakan masih memimpin rapat secara virtual.

"Memang dua hari lalu masih positif, tapi CT (cycle threshold)-nya sudah terus meningkat, ya artinya semakin membaik," kata Ariza dalam keterangan suara yang diterima, Minggu (27/12/2020), sebagaimana dikutip dari Kompas.com.

Sebagai informasi, pasien Covid-19 yang memiliki nilai cycle threshold tinggi, kemungkinannya menularkan ke orang lain jadi lebih rendah.

Dia juga menyebut, kinerja Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga masih maksimal. Sebab selama pandemi, ia dan Anies sudah terbiasa melaksanakan rapat dan kegiatan secara virtual.

Baca Juga: Resmikan Jakarta International Stadium, Anies: Sepak Bola Mempersatukan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x