Kompas TV regional berita daerah

Pemudik Jalani Rapid Test Antigen di Rest Area

Kompas.tv - 29 Desember 2020, 03:49 WIB

BATANG, KOMPAS.TV - Pengguna tol yang beristirahat di rest area 379 Gringsing, Kabupaten Batang, diwajibkan menjalani pemeriksaan sekaligus melakukan rapid test antigen. Kebijakan rapid test antigen dilakukan untuk mengantisipasi sebaran penularan Covid-19 saat libur natal dan tahun baru. 

 

Tim gabungan dari Tim Gugus Tugas Covid-19, Satpol PP, Dinas perhubungan dan Dinas kesehatan melakukan operasi gabungan pemeriksaan kesehatan kepada para pengguna tol di rest area 379 Gringsing, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. 

 

Pemeriksaan kesehatan atau test rapid antigen ini dilakukan guna memastikan bahwa masyarakat yang sedang melakukan perjalanan liburan natal dan tahun baru tidak terpapar Covid-19. 

 

Sementara itu, salah satu yang mengikuti rapid antigen menyatakan sangat bersyukur dengan adanya rapid antigen. Hal ini guna mengetahui bahwa dirinya dan keluarganya tidak terpapar Covid-19. 

 

Menurut kabid pelayanan medis dan sumber daya kesehatan, Dinas kesehatan Kabupaten Batang, rapid test antigen ini bertujuan untuk mengantisipasi cluster baru natal dan tahun baru serta menekan angka penyebaran Covid-19 yang terus mengalami peningkatan signifikan. 

 

Bagi pemudik yang masuk ke Jawa Tengah diwajibkan menunjukan surat keterangan khusus non reaktif dan yang tidak bisa menunjukan wajib menjalani rapid test antigen di sejumlah titik yang disiapkan termasuk rest area 379 Gringsing. 

 

Rapid test sendiri dijadwalkan tanggal 24 hingga 26 desember dengan target 50 orang setiap harinya. Bagi wisatawan yang dinyatakan reaktif akan langsung dievakuasi ke rumah sakit terdekat. Sementara itu, untuk di Jawa Tengah ada  11 lokasi operasi yustisi dan rapid test antigen  dari tanggal 23 hingga 31 desember.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.