Kompas TV bbc bbc indonesia

Mencegah dan Menghentikan Penyebaran Informasi Menyesatkan Tentang Virus Corona

Kompas.tv - 28 Desember 2020, 23:07 WIB
Penulis : Aryo bimo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pada masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, banyak orang menyalahgunakan akses mereka ke media sosial. Salah satunya untuk menyebarkan informasi yang menyesatkan, bahkan hoaks, tentang virus Corona.

Pertanyaan besar yang muncul kemudian adalah, mengapa orang ingin menyebarkan berita macam itu?

Selama pandemi, banyak postingan dan pesan menyesatkan di Instagram, TikTok, dan WhatApp. Pelakunya bisa berasal dari latar belakang apapun, termasuk politisi.

Hal-hal menyesatkan dan klaim-klaim itu kemudian tersebar di media sosial, atau bahkan langsung ditiru oleh orang-orang yang mendengarnya. 

Terdapat tiga aturan utama untuk menghentikan penyebaran informasi yang salah karena.

Aturan pertama adalah selalu untuk berhenti dan berpikir sebelum Anda berbagi apa pun. Ketika Anda melihat sesuatu, jedalah sejenak.

Jangan langsung bereaksi dan jangan langsung meneruskan pesan itu ke orang lain. Benar-benar merenungkan tentang apa itu, siapa yang membagikannya, apakah mereka memiliki kepentingan, dan alasan mengapa mereka membagikan informasi tersebut.

Aturan kedua adalah berpikir tentang bagaimana hal itu membuat anda merasa, karena umumnya jenis informasi yang salah yang menjadi viral adalah hal-hal yang membuat anda merasa benar-benar marah atau benar-benar marah, atau bahkan benar-benar bersemangat, dan itu adalah informasi akurat yang sebenarnya cukup membosankan.

Jadi, anda harus benar-benar berhenti dan berpikir tentang bagaimana hal itu membuat Anda merasa.

Hal penting lainnya yang harus dilakukan adalah memeriksa sumber Anda. Informasi yang menyesatkan, seringkali tidak dikaitkan dengan siapa pun, atau itu tetapi tampaknya sangat tidak jelas.

Penting untuk melihat, dan memeriksa apa yang terjadi, di situs resmi WHO, atau badan kesehatan dan institusi lain yang terpercaya untuk mendapat informasi yang tepat.





Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x