Kompas TV regional berita daerah

Nurdin Abdullah : Perlu Kajian Komprehensif untuk Atasi Banjir di Sul-sel

Kompas.tv - 28 Desember 2020, 19:31 WIB
nurdin-abdullah-perlu-kajian-komprehensif-untuk-atasi-banjir-di-sul-sel
Nurdin Abdullah, Melakukan Pemantauan Lewat Udara di Empat Daerah Terdampak Banjir, Senin, 28 Desember 2020 (Sumber: Pemprov Sulsel)
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Prof HM Nurdin Abdullah, berharap setelah melakukan pemantauan menggunakan helikopter milik BNPB di Kota Makassar, Gowa, Takalar dan Jeneponto, ada kajian secara komprehensif yang dilakukan oleh pemerintah kota, provinsi, pusat dan pihak terkait lainnya, agar bisa menyelesaikan persoalan banjir di beberapa daerah, termasuk Makassar. 

"Harus dilakukan kajian secara komprehensif, karena kalau kita lihat ini daerah-daerah perumahan, semua seperti mangkok. Ketika turun hujan, air mutar-mutar, tidak jelas mau kemana keluarnya," ungkap Nurdin Abdullah, setelah melakukan pemantauan lewat udara di empat daerah, Senin, 28 Desember 2020. 

Pengkajian tersebut, lanjut Nurdin, harus betul-betul diketahui salurannya, dan dibuang kemana. Contoh, untuk daerah-daerah yang menjadi langganan banjir selama ini adalah daerah perumahan. 

"Makanya ini yang harus kita kaji. Kira-kira kita harus membuat salurannya itu kemana. Makanya kita berharap, pemerintah daerah memberikan izin untuk developer (pengembang) itu harus dipastikan bahwa lahannya itu bukan lahan khusus daerah tangkapan. Kalau memang sudah daerah kubangan yang ditimbun, pasti banjir," jelasnya. 

pemantauan menggunakan helikopter milik BNPB di Kota Makassar, Gowa, Takalar dan Jeneponto (Sumber: Humas Pemprov sulsel)

Menurut Nurdin, lahan yang telah dibangun perumahan saat ini sebenarnya fungsi awalnya adalah daerah tangkapan air. Sehingga, air hanya berputar di dalam kawasan perumahan. 

"Memang ada beberapa daerah perumahan yang tergenang. Sebenarnya itu fungsi awalnya adalah daerah tangkapan air. Seperti di Antang dan Paccerakang," ujarnya. 

#TAMBANGLIAR
#BANJIRSULSEL
#PAMTAUANBANJIR



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x