Kompas TV internasional kompas dunia

Penelitian di Tel Aviv: 99,9% Virus Covid-19 Mati Dalam 30 Detik Oleh Sinar Ultraviolet Dari LED

Senin, 28 Desember 2020 | 19:25 WIB
penelitian-di-tel-aviv-99-9-virus-covid-19-mati-dalam-30-detik-oleh-sinar-ultraviolet-dari-led
Penelitian di Tel Aviv menunjukkan, sinar ultraviolet dengan frekuensi tertentu yang dipancarkan dari LED dapat membersihkan virus dan kuman termasuk virus Covid-19 (Sumber: Wikipedia/Public Domain)

TEL AVIV, KOMPAS TV - Sekelompok peneliti di Universitas Tel Aviv Israel membuktikan novel coronavirus, SARS-CoV-2 atau Covid-19 dapat dibasmi secara efektif, cepat dan murah menggunakan sinar ultraviolet yang terpancar dari LED pada frekuensi tertentu, demikian dilaporkan harian The Jerusalem Post pada Senin (28/12/2020).

“Kami temukan cukup mudah untuk membunuh virus corona menggunakan bohlam LED yang memancarkan radiasi sinar ultraviolet,” tutur Prof. Hadas Mamane, Kepala Program Rekayasa Lingkungan, Sekolah Rekayasa Mekanis di Universitas Tel Aviv.

Prof. Mamane melakukan penelitian tersebut bersama dua peneliti lain, Prof. Yoram Gerchman dan Dr. Michal Mandelboim. Prof Mamane mengatakan, bohlam LED ultraviolet hanya membutuhkan kurang dari 30 detik untuk membunuh 99,9% virus Covid-19.

Baca Juga: Erdogan Ingin Jalin Hubungan Baik, Israel Malah Curiga

Penelitian itu sementara menyimpulkan, dioda pemancar cahaya UV (LED UV) adalah teknologi baru dan sumber UV untuk inaktivasi patogen, namun panjang gelombang LED-UV yang rendah, mahal harganya dan memiliki laju fluence yang rendah.

Hasil penelitian menunjukkan sensitivitas virus Corona pada manusia (HCoV-OC43 yang digunakan sebagai pengganti SARS-CoV-2) ada pada panjang gelombang 267 nm ~ 279 nm> 286 nm> 297 nm.

Prof. Hadas Mamane dari Universitas Tel Aviv (Sumber: Tel Aviv University)

Virus lain juga punya hasil yang serupa, yang menunjukkan LED UV dengan emisi puncak pada ~ 286 nm dapat berfungsi sebagai alat yang efektif dalam membasmi virus Covid-19.

Radiasi ultraviolet adalah metode yang lazim digunakan untuk membunuh bakteria dan virus.

Harian Jerusalem Post melaporkan, penelitian ini adalah yang pertama, dan sebuah artikel tentang hal ini dipublikasikan di Journal of Photochemistry and Photobiology B: Biology.

LED (Light Emitting Diodes) banyak tersedia dalam berbagai variasi panjang gelombang, yang dikenal sebagai A, B, dan C.

  • UV-A memiliki panjang gelombang pada kisaran 315 nanometer (nm) hingga 400 nm.
  • UV-B, juga dikenal sebagai sinar gelombang sedang, memiliki panjang gelombang 280-315 nm;
  • UV-C memiliki panjang gelombang 200-280 nm.

Penulis : Edwin Shri Bimo

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
19:01
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19