Kompas TV bbc bbc indonesia

Kolaborasi Kecerdasan Buatan dari Berbagai Negara Bantu Tenaga Medis Covid-19

Kompas.tv - 28 Desember 2020, 15:19 WIB
Penulis : Laura Elvina

KOMPAS.TV – Sejumlah anak muda di berbagai belahan dunia berkolaborasi memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence, untuk membantu tenaga medis di masa pandemi Covid-19.

Mereka mengembangkan sebuah website berbasis AI untuk membantu distribusi alat pelindung diri kepada tenaga medis di seluruh dunia.

“Kami membuat situs web yang memberikan informasi peta rumah sakit yang kekurangan APD. Dalam website  kami menjalankan mesin Python untuk mengidentifikasi rumah sakit di negara mana yang paling berisiko, karena Covid-19” ujar Mukil, salah seorang pelajar SMA asal Amerika Serikat.

Menurutnya, data yang tersedia di dalam website dapat diakses berbagai perusahaan produsen APD dari seluruh dunia.

“Dan sebagai hasilnya, perusahaan dapat menggunakan data tersebut untuk melihat di mana tepatnya mereka dapat mengirimkan pasokan untuk memberikan dampak yang paling besar,” jelasnya.

Teknologi ini dapat membantu putusnya rantai pasokan APD yang berpotensi menyulitkan tenaga medis dalam menangani Covid-19. 

Namun tentunya, dalam mengembangkan website berbasis AI ini, para pelajar menghadapi sejumlah tantangan. Salah satunya adalah perbedaan waktu karena sejumlah pengembang tinggal di negara yang berbeda.

“Salah satu tantangan terbesar yang harus diatasi tim saya selama pengembangan produk kami adalah perbedaan zona waktu. Tim kami sebenarnya mencakup tiga negara berbeda dan tiga zona waktu berbeda,” ungkap Madeleine, salah satu anggota tim.

Rencanaya, ke depan mereka tidak hanya memberikan informasi untuk pasokan APD. Tetapi juga akan membantu pengiriman makanan ke berbagai food bank. 





Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.