Kompas TV nasional sapa indonesia

Darurat Ruang Isolasi Pasien Covid-19, Pengamat: Jangan Anggap Remeh!

Kompas.tv - 28 Desember 2020, 13:27 WIB
Penulis : Dea Davina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Skenario dan antisipasi apa yang bisa diambil jika lonjakan pasien covid-19 benar-benar sulit dibendung?

Kami membahasnya bersama Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, lalu ada Humas Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet, Letkol Laut M Arifin.

Serta Epidemiolog Universitas Indonesia, Tri Yunis Miko.

Baca Juga: Angka Positif Terus Naik, Jelang Libur Akhir Tahun Masyarakat Diminta Waspada!

Memasuki masa-masa libur akhir tahun, masyarakat perlu mewaspadai aktivitas yang akan dilakukan, mengingat penyebaran covid-19 masih cukup masif.

Saat ini, rata-rata angka penambahan kasus positif corona di Indonesia sudah berkisar 6000 sampai 7000 kasus per hari.

Meski dalam beberapa hari terakhir ada penurunan kurva kasus positif corona, namun penurunan ini tidak signifikan.

Meski demikian, penambahan kasus harian covid-19 yang masih tinggi khususnya di DKI Jakarta berimbas pada menipisnya kapasitas ruang perawatan pasien covid-19.

Di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran Jakarta dari kapasitar 4.424 tempat tidur ruang perawatan, sudah terisi 3.361 pasien positif covid-19 hingga akhir pekan kemarin.

Sementara itu, data Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia, PERSI, antrean ruang rawat di Rumah Sakit di sejumlah daerah mulai penuh akibat dari lonjakan kasus covid-19.

Untuk mengatasi antrean ruang perawatan bagi pasien covid-19, PERSI bekerja sama dengan Dinas Kesehatan menampah kapasitas ruang rawat setiapharinya.

Namun, angka harian covid-19 yang terus melonjak, tentu akan menjadi kendala bagi rumah sakit dalam menangani pasien covid-19.

Melihat tingginya angka kasus positif covid-19 di Indonesia, koordinasi antar-pemerintah daerah diperlukan untuk menekan penyebaran covid-19.

Namun angka harian covid-19 yang terus melonjak, tentu akan menjadi kendala bagi rumah sakit dalam menangani pasien covid-19.

Selain itu, masyarakat juga diimbau ikut bantu menekan angka covid-19 dengan tidak banyak beraktivitas saat liburan akhir tahun.  



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x