Kompas TV regional berita daerah

Perayaan Natal Berlangsung Sederhana dan Penuh Toleransi

Kompas.tv - 28 Desember 2020, 11:01 WIB
Penulis : KompasTV Pontianak

PONTIANAK, KOMPAS.TV - Beginilah bentuk toleransi yang terjalin antar umat beragama di Kelurahan Sungai Beliung, Kecamatan Pontianak Barat, Kota Pontianak. Saat jemaat HKBP Jeruju sedang melaksanakan kebaktian, sejumlah remaja masjid turut membantu mengatur kendaraan para jemaat yang datang.

Menurut Pendeta Bonar Tunggul Pasaribu, toleransi seperti yang ada sekarang memang sudah terjalin lama. Sejak gereja yang dibangun tahun 1983. Kemudian masjid pun dibangun bersebelahan.

Di saat perayaan keagamaan masing-masing, mereka saling tolong menolong, dan saling menghargai setiap kegiatan keagaman, karena jarak berdampingan gereja dan masjid hanya dibatasi pagar setinggi  2 meter.

Sembari kegiatan natal berlangsung, Masjid Nurbaitillah yang berada di sebelah mengecilkan volume pengeras suara saat menjelang pelaksanaan salat jumat. Begitu pula sebaliknya, gereja HKBP juga mengecilkan volume suara kegiatan di gereja.

Sementara itu ketua Masjid Nurbaitillah mengaku, toleransi yang telah terjalin cukup lama terus dipupuk, sehingga sampai saat ini kawasan tersebut berjalan aman, damai, dan kondusif. Bahkan remaja gereja maupun masjid tolong-menolong dalam kegiatan hari besar, mengatur kendaraan, dan penyediaan halaman parkir.

Pihak gereja maupun masjid berkomitmen untuk tetap menjaga toleransi, serta tetap menerapkan protokol kesehatan ketat dan selalu mengimbau jemaat dan jemaah masing masing.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x