Kompas TV internasional kompas dunia

Arab Saudi Kembali Tutup Perbatasan Udara, Darat dan Laut Selama Satu Minggu

Kompas.tv - 28 Desember 2020, 08:31 WIB
arab-saudi-kembali-tutup-perbatasan-udara-darat-dan-laut-selama-satu-minggu
Penguasa Kerajaan Arab Saudi, Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud. (Sumber: AP)
Penulis : Edwin Shri Bimo

RIYADH, KOMPAS TV -  Arab Saudi hari Senin (28/12/2020) mengumumkan mereka memperpanjang penutupan perbatasan darat, laut, dan udara dari kedatangan luar negeri selama satu minggu ke depan.

Kantor berita resmi Kerajaan Arab Saudi SPA melaporkan pernyataan Menteri Urusan Dalam Negeri Arab Saudi yang mengatakan, keputusan tersebut masih bagian dari tindak pencegahan atas penyebaran varian baru virus Covid-19 yang terdeteksi dan merebak di sejumlah negara. 

Kasus-kasus khusus akan dikecualikan, dan warga asing mendapat ijin untuk keluar Arab Saudi, demikian pernyataan Menteri Dalam Negeri Arab Saudi.

Pemerintah Arab Saudi menyatakan terus memantau situasi sementara penutupan perbatasan dapat diperpanjang bila dibutuhkan. 

Baca Juga: Antisipasi Varian Baru Covid-19 di Inggris, Arab Saudi Tutup Penerbangan Luar Negeri Satu Minggu

Sebelumnya Arab Saudi pada hari Minggu lalu (20/12/2020) menangguhkan semua penerbangan penumpang internasional selama satu minggu menanggapi laporan munculnya varian genetik baru virus Covid-19, demikian laporan Saudi Press Agency.

Seluruh kedatangan ke Arab Saudi melalui pelabuhan laut dan perbatasan darat juga ditangguhkan selama satu minggu dan dapat diperpanjang satu minggu.

Keputusan itu  diambil menanggapi laporan dari London tentang munculnya varian baru virus Covid-19. Beberapa penerbangan akan diizinkan masuk dan keluar dalam keadaan luar biasa, Saudi Press Agency (SPA) melaporkan.

Baca Juga: Saat Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman Jalani Vaksinasi Covid-19 Pertamanya

Siapa pun yang telah kembali ke Kerajaan dari negara-negara Eropa atau negara berisiko tinggi setelah 8 Desember harus menjalani karantina selama dua minggu sejak tanggal kedatangan mereka.

Mereka juga harus menjalani tes COVID-19 selama masa isolasi diri dan mengulangi tes tersebut setiap lima hari.

Siapapun yang telah kembali dari atau transit melalui negara Eropa atau negara berisiko tinggi dalam tiga bulan terakhir juga harus menjalani tes.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x