Kompas TV internasional kompas dunia

Maroko Amankan Pasokan 65 Juta Dosis Vaksin Covid-19 dari China dan Inggris

Kompas.tv - 27 Desember 2020, 11:08 WIB
maroko-amankan-pasokan-65-juta-dosis-vaksin-covid-19-dari-china-dan-inggris
Pada file foto Senin 16 Maret 2020 ini, segelas teh Maroko tertinggal di dekat jendela kedai kopi yang tutup, setelah pemerintah Maroko mengumumkan pembatasan lebih lanjut untuk menghindari penyebaran virus Covid-19. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo

RABAT, KOMPAS TV - Maroko mengumumkan telah memperoleh 65 juta dosis vaksin Covid-19 dari Sinopharm China dan AstraZeneca Inggris, ketika kerajaan Afrika utara bersiap untuk meluncurkan program vaksinasi Covid-19 yang bertujuan untuk mengimunisasi 80% populasi orang dewasa di negara itu, demikian dilaporkan Associated Press.

Menteri Kesehatan Khalid Ait Taleb mengumumkan angka tersebut pada pertemuan Kabinet Kamis (24/12/2020). Pemerintah tidak menyebutkan apakah vaksin itu dibeli atau disediakan oleh Covax, proyek global untuk menyediakan vaksin bagi negara berkembang, atau kombinasi keduanya.

Kementeriannya mengatakan pada hari Jumat (25/12/2020), Maroko belum menerima vaksin tersebut.

Mustapha Ennaji Moulay, kepala departemen virologi di Universitas Hassan II di Casablanca dan anggota komite ilmiah Covid-19 pemerintah mengatakan, regulator sedang mengkaji dokumentasi vaksin Sinopharm, dan bahwa program vaksinasi diharapkan akan dimulai dalam beberapa waktu mendatang.

Baca Juga: Polisi Maroko Bubarkan Unjuk Rasa Menentang Hubungan Diplomatik Dengan Israel

Maroko memiliki salah satu rencana vaksinasi paling maju di wilayah tersebut. Negara itu juga melaporkan jumlah infeksi dan kematian virus tertinggi kedua di Afrika, setelah Afrika Selatan.

Menteri Kesehatan Maroko mengatakan target pemerintah adalah memvaksinasi 25 juta dari 36 juta orang negara itu, semuanya gratis, menurut perintah dari Raja Mohammed VI.

Sementara pemerintah Maroko telah menjanjikan vaksinasi sejak awal bulan ini, menteri kesehatan negara itu mengatakan persiapan sekarang telah mencapai tahap "sangat maju".

Dia mengatakan pemerintah telah melakukan simulasi di semua lokasi imunisasi "untuk menghindari kendala yang mungkin timbul selama pelaksanaan program vaksinasi."

Pada tahap pertama, vaksin akan diberikan kepada tenaga medis, pelayan publik, aparat keamanan, tenaga pendidik, dan orang yang menderita penyakit kronis. Kementerian Kesehatan mengatakan telah menerapkan sistem komputerisasi untuk mendaftarkan populasi sasaran dan melacak status kesehatan mereka setelah mereka menerima vaksin.

Baca Juga: Normalisasi Hubungan dengan Israel, Maroko Dapat Tawaran Eksklusif Pembelian Senjata dari AS

Kehidupan sehari-hari di Maroko (Sumber: AP Photo)

Moulay mengatakan Maroko telah berusaha untuk mendiversifikasi pasokan, melalui penandatanganan kontrak pembelian vaksin dengan banyak negara.

Maroko mengatakan akan memulai program vaksinasi dengan vaksin Covid-19 buatan Sinopharm, meskipun belum menyelesaikan uji coba lanjutan untuk membuktikan bahwa itu aman dan efektif.

Vaksin buatan pabrikan China, Sinopharm yang telah diuji pada 600 orang Maroko sebagai bagian dari uji klinis musim gugur ini, telah disetujui untuk penggunaan darurat di beberapa negara dan perusahaan tersebut masih melakukan uji klinis tahap akhir di banyak negara.

Pengiriman vaksin awal Maroko akan datang dari China, tetapi Maroko juga berencana untuk memproduksi vaksin secara lokal.

Vaksin AstraZeneca masih dalam uji klinis lanjutan di negara-negara termasuk Inggris dan Amerika Serikat dan sejauh ini belum didaftarkan untuk mendapat ijin penggunaan darurat. 

Jumlah kasus virus harian Maroko sedikit menurun dalam dua minggu terakhir, tetapi penurunan dalam pengujian meningkatkan kekhawatiran virus Covid-19 itu dapat menyebar lebih cepat daripada yang dilaporkan.

Sebagai tindakan pencegahan untuk menahan penyebaran virus selama perayaan Tahun Baru, pemerintah Maroko melarang pertemuan publik dan pribadi, menutup restoran di kota-kota utama negara itu, dan memberlakukan jam malam yang mulai berlaku Rabu malam (23/12/2020) dan akan berlangsung selama tiga minggu.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x