Kompas TV internasional kompas dunia

Apa Menu Favorit Warga Pompeii? Situs Restoran Cepat Saji Yang Berhasil Digali Menemukan Jawabannya

Kompas.tv - 27 Desember 2020, 02:18 WIB
apa-menu-favorit-warga-pompeii-situs-restoran-cepat-saji-yang-berhasil-digali-menemukan-jawabannya
Situs Taman Arkeologi Pompeii dekat Napoli, Italia, menunjukkan sebuah thermopolium, atau restoran cepat saji yang menyajikan makanan panas dan minuman di era Romawi kuno. (Sumber: Luigi Spina / Parco Archeologico di Pompei via AP)
Penulis : Vyara Lestari

ROMA, KOMPAS.TV – Sebuah restoran cepat saji di Pompeii telah digali, dan membantu mengungkap jenis makanan yang menjadi menu favorit warga kota Roma kuno yang gemar melakukan petualangan kuliner dengan mengunjungi restoran cepat saji.

Dilansir dari Associated Press, Kepala Taman Arkeologi Pompeii, Massimo Osanna mengatakan pada Sabtu (26/12), meski telah ditemukan sekitar 80 restoran cepat saji di Pompeii, ini merupakan kali pertama sebuah tempat yang menyajikan makanan panas dan minuman – yang dikenal dengan sebutan thermopolium – benar-benar digali dan terungkap secara lengkap.

Pada 2019, sebagian dari konter restoran cepat saji ini sudah ditemukan. Sejak itu, para arkeolog terus menggali dan menemukan bagian-bagian lain konter makanan, yakni meja panjang berbentuk huruf L yang terdiri dari lubang-lubang lebar yang khas. Lubang-lubang ini menampung bejana berisi makanan panas, tidak seperti wadah sup yang biasa kita temui saat ini.  

Baca Juga: Jasad Majikan dan Budak Yang Terkubur Abu Gunung Vesuvius 2.000 Tahun Lalu di Pompeii Ditemukan

Para ahli tanaman dan binatang juga masih menganalisa sisa-sisa peninggalan yang ada di situs penggalian tersebut. Lukisan-lukisan bergambar bidadari menunggang kuda, juga dua bebek mallard yang terbalik dan seekor ayam jantan, kemungkinan merupakan iklan menu sajian restoran cepat saji tersebut.

Valeria Amoretti, seorang staf antropolog, mengatakan, “Analisa awal mengonfirmasi bahwa gambar-gambar yang dilukis mewakili, setidaknya sebagian, makanan dan minuman yang dijual.” Pernyataannya ini dikuatkan oleh temuan sisa tulang bebek dalam salah satu kontainer, bersama dengan sisa-sisa kambing, babi, ikan dan siput.

Baca Juga: Penggalian Menara Tulang Manusia Aztek, Ditemukan Tambahan 119 Tulang

“Di dasar sebuah konter anggur juga ditemukan jejak bubuk kacang fava, yang pada jaman dahulu kerap ditambahkan pada anggur untuk menambah rasa dan mencerahkan warnanya,” terang Amoretti.

“Mereka tengah makan pada hari itu,” ujar Osanna, merujuk pada hari kehancuran Pompeii saat letusan Gunung Vesuvius terjadi di tahun 79 Masehi. Sisa-sisa makanan yang tertinggal mengindikasikan, kata Osanna pada televisi pemerintah Rai, “Apa yang menjadi menu favorit warga Pompeii jaman itu.”

Osanna menambahkan, tempat-tempat makan kaki lima rupanya jarang dikunjungi para elit Romawi kuno.

Salah satu temuan yang mengejutkan yakni tulang-belulang lengkap dari seekor anjing. Temuan tersebut menggelitik para arkeolog, lantaran bukan merupakan anjing besar dan berotot yang terlukis di konter, tapi malah seekor anjing dewasa yang kecil, yang tingginya hanya 20-25 sentimeter. Agak jarang, kata Amoretti, untuk menemukan sisa-sisa anjing kecil seperti itu dari jaman kuno. “Ini penemuan yang membuktikan perkembangbiakan selektif di jaman Romawi untuk mendapatkan hasil itu,” katanya.

Baca Juga: Perpaduan Estetika Romawi, Art Deco, dan Rusia Kuno

Temuan lain yang berhasil digali yakni sebuah sendok perunggu, 9 amphorae, yakni bejana yang digunakan sebagai wadah makanan pada jaman Romawi, sejumlah termos dan sebuah wadah minyak dari keramik.

Pengusaha restoran sukses menyadari bahwa lokasi yang tepat merupakan kunci, dan operator restoran cepat saji ini tampaknya telah menemukan lokasi yang bagus. Osanna mencatat bahwa tepat di luar restoran cepat saji tersebut merupakan area perempatan dengan sebuah air mancur dan thermopolium lain di dekatnya.

Baca Juga: Niatnya Restorasi, Tapi Malah Jadi Bahan Tertawaan

Pompeii hancur akibat letusan Gunung Vesuvius yang terletak dekat kota Napoli kini. Sebagian besar kota kuno Pompeii masih belum digali. Situs penggalian Pompeii menjadi salah satu daya tarik pariwisata di Italia.

Sisa-sisa tulang manusia juga ditemukan dalam penggalian restoran cepat saji tersebut. Pihak berwenang Pompeii menyebut, tulang belulang manusia tersebut tampaknya telah dijamah tangan para pencuri yang menggali untuk mencari barang-barang berharga. Sebagian tulang belulang tersebut ditemukan dalam bejana, yang kemungkinan diletakkan di situ oleh para penggali ilegal itu.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.