Kompas TV kolom budiman tanuredjo

Reshuffle Kabinet Jokowi, Oposisi Mati Suri - Opini Budiman

Sabtu, 26 Desember 2020 | 09:01 WIB

Drama perombakan kabinet berakhir. Selasa siang 22 Desember 2020, Presiden Jokowi mengumumkan enam Menteri baru dan melantiknya di Istana Negara, Rabu 23 Desember 2020. Sebagaimana layaknya sesuatu yang baru, ada harapan di sana, ada pula pertanyaan di sana. Sesuatu yang wajar.

Presiden Jokowi memang kerap membuat kejutan. Dalam putusannya, Presiden mencoba mencari sesuatu yang baru. Presiden mengubah pakem yang dipahami sebagai pakem demokrasi barat.

Hal itu ditunjukkan saat Presiden Jokowi menunjuk dan melantik Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, menggantikan Wisnutama.

Tindakan politik itu merupakan kelanjutan langkah politik presiden, setelah Presiden Jokowi merangkul pesaingnya di Pemilu Presiden 2019, Prabowo Subianto, sebagai Menteri Pertahanan.

Di tengah krisis kesehatan dan ekonomi, publik membutuhkan kerja cepat para Menteri mengendalikan pandemi, mempercepat program vaksinasi, mengatasi resesi ekonomi, mencegah terjadinya krisis sosial, dan yang penting, jangan sampai korupsi.

Selamat bekerja kepada Budi Gunadi Sadikin, sebagai Menteri Kesehatan. Seorang Menteri Kesehatan berlatar belakang fisika nuklir dan seorang bankir, Budi sudah terlibat aktif dalam perburuan vaksin Covid-19. Itu juga terobosan Presiden Jokowi. Sudah ada presedennya di luar negeri.

Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Yaqut Cholil Qoumas sebegai Menteri Agama.

Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial.

Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteru Kelautan dan Perikanan.

Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan.

Penulis : Aryo bimo


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
19:57
PENCOPOTAN 12 ANGGOTA GARDA NASIONAL DARI TIM KEAMANAN BIDEN KARENA BERPOTENSI MEMILIKI PAHAM EKSTREMIS   SEBANYAK 12 ANGGOTA GARDA NASIONAL DICOPOT DARI TIM KEAMANAN PELANTIKAN PRESIDEN TERPILIH AS   MENLU AS MIKE POMPEO SEBUT TIONGKOK TELAH MELAKUKAN GENOSIDA TERHADAP ETNIK UIGHUR DI XINJIANG   LIGA 1 DAN LIGA 2 2020 DIBATALKAN KARENA PANDEMI KORONA   BNPB: JALUR MENUJU 5 DESA DI KECAMATAN ULUMANDA, SULBAR, SUDAH BISA DILALUI KENDARAAN RODA DUA   BASARNAS PASTIKAN TANDA SOS DI PULAU LAKI, KEPULAUAN SERIBU, ADALAH HOAKS   KEMENDIKBUD: 30 RIBUAN SEKOLAH BELAJAR TATAP MUKA SAAT PANDEMI PER 14 JANUARI 2021   SEBANYAK 686 PENGUNGSI GEMPA DI MAJENE DAN MAMUJU, SULBAR, DIEVAKUASI KE KOTA MAKASSAR, SULAWESI SELATAN   KPU CIANJUR TUNDA PLENO PENETAPAN BUPATI TERPILIH   ASOSIASI PEDAGANG DAGING INDONESIA (APDI) SEBUT PEMERINTAH AKAN MENGIMPOR DAGING SAPI DARI AUSTRALIA DAN MEKSIKO   KEMENDAG PATOK HARGA DAGING SAPI PALING MAHAL RP 130.000 PER KG   PROTES LONJAKAN HARGA DAGING SAPI DI RPH, PEDAGANG DAGING SAPI DI JABODETABEK MOGOK JUALAN   BMKG: SAAT INI SEBAGIAN BESAR WILAYAH INDONESIA MEMASUKI PUNCAK MUSIM HUJAN, WASPADA CUACA EKSTREM   PRESIDEN JOKOWI PERBOLEHKAN PENAMAAN PULAU, GUNUNG, DAN SUNGAI MENGGUNAKAN BAHASA ASING