Kompas TV nasional peristiwa

4 Penumpang Kereta di Stasiun Senen Reaktif Covid-19 usai Rapid Test Gratis di Posko Kesehatan

Kompas.tv - 24 Desember 2020, 17:35 WIB
4-penumpang-kereta-di-stasiun-senen-reaktif-covid-19-usai-rapid-test-gratis-di-posko-kesehatan
Calon penumpang mendaftar rapid test di posko kesehatan yang digagas oleh Polri. (Sumber: KompasTV)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Fadil Imran bersama Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman memantau aktivitas penumpang di masa libur Natal di Stasiun Pasar Senen.

Dalam kesempatan itu Fadil bersama Dudung juga memantau pos kesehatan untuk rapid test antigen bagi penumpang kereta yang ingin bepergian.

Fadil menjelaskan dari informasi yang diterima terdapat empat calon penumpang yang dinyatakan reaktif Covid-19.

Baca Juga: 7 Orang Reaktif Covid-19 Setelah Ikut Test Rapid di Rest Area Tol Jakarta Cikampek

Empat penumpang tersebut kini dirujuk ke RSD Wisma Atlet Kemayoran atau rumah sakit terdekat untuk menjalani penanganan lanjutan dari Satgas Covid-19.

“Tadi ada 4 orang reaktif itu pasti tidak bisa berangkat,” ujar Fadil di sela kunjungan, Kamis (24/12/2020).

Lebih lanjut Fadil menjelaskan rapid test antigen untuk memutus mata rantai agar masyarakat yang memiliki keperluan pulang kampung tidak membawa virus yang dapat menularkan sesama penumpang maupun keluarga.

Fadil menambahkan pos kesehatan rapid test di Stasiun Senen ini tidak dipungut biaya. Calon penumpang hanya memperlihatkan KTP dan tiket kereta.

Baca Juga: Tak Bawa Surat Rapid Test, Penumpang Bus di Terminal Tanjung Priok Ini Diturunkan!

“Tidak kita batasi kuotanya, berapa pun masyarakat akan kita layani kami punya persediaan swab antigen yang mencukupi. Kodam ada 10.000, Polda Metro ada 10.000, dibantu dengan BNPB sepenuhnya," ujar Fadil

“Jadi kita tidak membatasi tetapi menseleksi, membantu masyarakat, menolong masyarakat, memutus mata rantai agar kalau pulang ke kampung tidak membawa virus," imbuhnya.

Selain di Stasiun Senen, Polri dibantu dengan TNI juga membuka rapid test antigen di 70 rest area yang berada di jalan tol. Kemudian di lokasi pelabuhan, bandara hingga perbatasan wilayah.

Setelah dibuka dua hari posko rapid test antigen di rest area KM 19 Tol Jakarta Cikampek menemukan tujuh pengguna jalan atau pemudik yang reaktif Covid-19.

Baca Juga: Jelang Musim Liburan, Ribuan Calon Penumpang Kereta Api Jalani Rapid Test Antigen di Stasiun Jakarta

Di hari pertama Rabu (23/12/2020), tim Satgas Covid-19 melakukan pemeriksaan terhadap 166 orang dari pengguna jalan tol, pemudik maupun masyarakat sekitar. Dari 166 orang tersebut satu dinyatakan reaktif.

Pada hari kedua, Kamis (24/12/2020) dilakukan pemeriksaan kepada 270 orang. tujuh di antaranya dinyatakan reaktif Covid-19.

Ketujuh warga yang reaktif Covid-19 tersebut saat ini menjalani penanganan lebih lanjut dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x