Kompas TV nasional peristiwa

Diberhentikan Kemendagri, Risma Tak Boleh Rangkap Jabatan

Kompas.tv - 24 Desember 2020, 10:42 WIB
diberhentikan-kemendagri-risma-tak-boleh-rangkap-jabatan
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini  (Sumber: Dok. Pemkot Surabaya)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV-Menteri Sosial Tri Rismaharini diberhentikan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dari jabatannya sebagai Wali Kota Surabaya.

"Diberhentikan sejak dilantik menjadi pejabat baru. Kan ada larangan menjadi rangkap jabatan. Ketika dilantik itu sudah langsung berhenti," kata Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Akmal Malik saat dihubungi, Kamis (24/12/2020). 

Pemberhentian itu sesuai perundang-undangan dengan mengacu pada Undang-undang Pemerintah Daerah (Pemda) No 23 Tahun 2014 pada   Pasal 78 Ayat 2 huruf g,  disebutkan, "Kepala Daerah diberhentikan karena diberi tugas dalam jabatan tertentu oleh Presiden yang dilarang untuk dirangkap oleh ketentuan peraturan perundang-undang," 

Baca Juga: ICW: Risma Harus Lepas Jabatan Wali Kota Surabaya

Akmal juga menjelaskan, setelah Risma diangkat menjadi Menteri Sosial, posisi Wali Kota Surabaya akan digantikan Wakil Wali Kota Surabaya.

Hal ini, sesuai dengan Pasal 88 yang menyebutkan jika wali kota definitif belum dilantik, wakil wali kota melaksanakan tugas sehari-hari.

"Wakil wali kotanya (menggantikan), itu otomatis, UU 23/2004 jika kepala daerah berhalangan atau tidak lagi (menjabat) maka wakil kepala daerah yang melaksanakan tugas," ujarnya.


Sebelumnya, usai dilantik jadi Mensos, Risma mengaku akan bolak-balik Jakarta-Surabaya selama rangkap jabatan.  

Baca Juga: Khofifah soal Pengganti Risma: kalau Wali Kotanya Kosong ya Langsung Wakilnya

"Mungkin karena masih merangkap Wali Kota untuk sementara waktu. Saya sudah izin ke presiden 'ndak apa-apa bu Risma pulang pergi," ucap Risma dalam sambutannya pada acara sertijab menteri sosial di Kantor Kemensos, Salemba, Jakarta Pusat, Rabu (23/12/2020).

Risma mengatakan tujuannya ke Surabaya adalah untuk meresmikan Jembatan Joyoboyo dan Museum Olahraga.

Menurutnya, jembatan tersebut memiliki air mancur. "Saya cuma ingin ke Surabaya itu meresmikan jembatan ada air mancurnya. Sayang kalau saya enggak meresmikan itu."

"Saya cuma pengin pulang dan meresmikan Museum Olahraga. Karena di sana ada jersey Budi Hartono dan raketnya Alan Budikusuma. Saya ingin meresmikan itu untuk anak-anak Surabaya," tutur Risma.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x