Kompas TV internasional kompas dunia

Paket Vaksin Covid-19 Pertama Tiba di Amerika Latin

Kompas.tv - 24 Desember 2020, 00:49 WIB
paket-vaksin-covid-19-pertama-tiba-di-amerika-latin
Para pejabat dan awak media Meksiko berbaris menyambut datangnya gelombang pertama paket vaksin Covid-19 di bandara internasional Benito Juarez di Mexico City, Meksiko, Rabu (23/12). (Sumber: AP Photo / Eduardo Verdugo)
Penulis : Vyara Lestari

MEXICO CITY, KOMPAS.TV – Pengiriman paket pertama vaksin Covid-19 tiba di Amerika Latin pada Rabu (23/12). Saat tiba di bandara internasional Benito Juarez di Mexico City, Meksiko, kedatangan vaksin Covid-19 ini disambut meriah oleh barisan para pejabat dan media Meksiko.

Dilansir dari Associated Press, para pejabat Meksiko setingkat menteri dan awak media lengkap dengan kamera televisi mereka berbaris menyambut datangnya pengiriman vaksin Covid-19 pertama.

Baca Juga: Kasus Covid-19 di Meksiko Meningkat, Pemerintah Berlakukan Pembatasan Wilayah

Vaksin besutan perusahaan farmasi Pfizer asal Amerika Serikat (AS) dan BioNTech asal Jerman yang disimpan dalam wadah bersuhu super dingin itu tiba di bandara internasional Meksiko dengan pesawat ekspedisi DHL.

“Hari ini adalah awal dari akhir pandemi,” ujar Menteri Luar Negeri Meksiko Marcelo Ebrard, salah satu pejabat yang hadir menyaksikan kedatangan vaksin Covid-19.

Baca Juga: Polemik Vaksin Covid-19: Senjangnya Ketersediaan Vaksin Antara Negara Kaya dan Negara Miskin

Vaksin Covid-19 ini akan mulai diberikan pada para tenaga kesehatan di Mexico City dan Saltillo di utara mulai hari Kamis.

Para pejabat tidak menyebutkan berapa banyak dosis yang ada dalam pengiriman vaksin pertama, yang dimaksudkan untuk menguji prosedur logistik pengiriman vaksin.

Baca Juga: Kasus Positif Covid-19 di Meksiko Capai 1 Juta, Korban Meninggal Dekati Angka 100.000

Pengiriman vaksin Pfizer lainnya dijadwalkan akan tiba di sejumlah negara Amerika Latin pekan ini. Sejumlah kandidat vaksin buatan perusahaan farmasi lain juga telah tiba di Brasil dan sejumlah negara di Amerika Selatan, namun masih menanti persetujuan resmi dari pihak otoritas kesehatan mereka.

Meksiko diperkirakan akan menerima sebanyak 1,4 juta dosis vaksin Pfizer – BioNTech hingga akhir Januari tahun depan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x