Kompas TV nasional politik

Mendag Baru M Lutfi: Saya akan Transparan, Pastikan Ekonomi Indonesia Berjalan Baik dan Efisien

Kompas.tv - 23 Desember 2020, 06:00 WIB
mendag-baru-m-lutfi-saya-akan-transparan-pastikan-ekonomi-indonesia-berjalan-baik-dan-efisien
Muhammad Lutfi di pameran Indonesia International Motor Show 2014, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta , Kamis (18/9/2014). Saat menjabat Menteri Perdagangan di era kepresidenan Susilo Bambang Yudhoyono.. (Sumber: Kompas.com / Roderick Adrian Mozes)
Penulis : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV – Sesaat setelah ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Menteri Perdagangan (Mendag), Muhammad Lutfi langsung memberikan sambutan.

Baca Juga: Erick, Sandi, Lutfi, Kawan dari Nongkrong Bareng Hingga Jadi Menteri

Dalam sambutannya, Duta Besar RI untuk Amerika Serikat ini menjanjikan transparansi dalam proses ekspor dan impor di Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Menurut Lutfi, Mendag itu kalau dianalogikan sama seperti wasit tinju. 

Pembeli penjual adalah petinjunya dan rakyat Indonesia adalah penontonnya. 

"Ketika wasit tidak melakukan sesuatu dengan hal yang semestinya, penonton dan petinju ini akan melihat kecurangan atau kekurangan,” kata Lutfi di Istana Merdeka Jakarta, Selasa (22/12/2020).

"Oleh sebab itu saya akan transparan, Kemendag akan pastikan ekonomi Indonesia berjalan baik dan efisien," lanjut Lutfi yang juga pernah menjabat Mendag di era kepresidenan Susilo Bambang Yudhoyono.

Lutfi mengatakan, saat ini Kemendag mendapat tugas yang sulit.

Sebab, di masa krisis seperti sekarang tetap harus menjamin kelancaran arus barang ekspor dan impor dengan baik.

Ia berjanji mengupayakan yang terbaik dalam mengemban tugas sebagai Mendag untuk terus meningkatkan perekonomian Indonesia dengan menjaga eskpor dan impor secara seimbang. 

"Saya merasa terhormat sekali dan berterimakasih kepada Bapak Presiden dan Wapres atas kepercayaan yang diberikan. Saya berjanji akan bekerja sekuat mungkin, secakap mungkin untuk memastikan perekonomian Indonesia akan lebih baik," katanya.

Selain menunjuk Lutfi sebagai menterinya, Jokowi juga menunjuk lima orang lainnya sebagai menteri di Kabinet Indonesia Maju. 

Mereka di antaranya adalah Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang ditunjuk sebagai Menteri Sosial (Mensos) menggantikan Juliari P Batubara yang tersandung kasus korupsi bantuan sosial (bansos) Covid-19.

Baca Juga: Sandiaga Uno Jadi Menteri Jokowi, Irma Suryani NasDem: Percuma Berdarah-Darah, Buat Apa Ada Pilpres

Lalu ada pula mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno ditunjuk sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Mantan Calon Wakil Presiden (Cawapres) yang menjadi rival Jokowi-Ma`ruf Amin pada Pilpres 2019 ini menggantikan Wishnutama Kusubandio.

Kemudian Yaqut Cholil Qoumas ditunjuk sebagai Menteri Agama menggantikan Fachrul Razi. 
Sedangkan Sakti Wahyu Trenggono ditunjuk sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) menggantikan Edhy Prabowo yang juga terseret kasus korupsi.

Adapun yang menggantikan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto tak lain adalah Budi Gunadi Sadikin.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x