Kompas TV internasional kompas dunia

Prancis Tutup Perbatasan, Inggris Tak Khawatirkan Kelangkaan Sejumlah Barang

Senin, 21 Desember 2020 | 22:23 WIB
prancis-tutup-perbatasan-inggris-tak-khawatirkan-kelangkaan-sejumlah-barang
Seorang petugas polisi berupaya mengalihkan sebuah kendaraan dari Pelabuhan Dover di Kent, Inggris yang ditutup menyusul pengumuman penutupan perbatasan Prancis pada Senin (21/12). Penutupan perbatasan Prancis yang berlangsung sejak Minggu tengah malam ini akan berlangsung selama 48 jam. (Sumber: Steve Parsons / PA via AP)

LONDON, KOMPAS.TV — Antrian ratusan truk yang hendak keluar dari Inggris mengular dan orang-orang terlantar di bandara pada Senin (21/12) seiring pemberlakuan pembatasan penerbangan dari Inggris oleh sejumlah negara dalam upaya mereka mencegah meluasnya penyebaran varian baru virus corona yang diklaim jauh lebih mudah menular.

Jumlah negara-negara yang melarang penerbangan dari Inggris terus bertambah, sementara Prancis telah melarang truk-truk memasuki negara itu selama 48 jam sambil terus melakukan penilaian terhadap varian baru virus corona. Menteri Kesehatan Inggris Matt Hancock mengatakan bahwa varian baru virus ini telah menyebar di luar kendali di sekitar London dan Inggris bagian tenggara – namun para ahli menyerukan kewaspadaan dan mengatakan bahwa masih belum jelas apakah varian baru virus ini lebih mematikan atau tidak.

Baca Juga: Menkes Inggris Beri Peringatan Mutasi Virus Corona Tak Terkendali

Kendati begitu, terbersit harapan bahwa Prancis akan kembali membuka perbatasan dengan syarat bahwa para supir truk menjalani tes virus corona pada saat kedatangan.

Meski penutupan perbatasan Prancis tidak menghentikan arus truk menuju Inggris, namun langkah ini menimbulkan kekhawatiran akan munculnya kelangkaan sejumlah barang yang berasal dari Eropa, terutama pada akhir tahun saat Inggris hanya memproduksi sedikit barang dan bergantung pada barang-barang yang didistribusikan dari Eropa menggunakan truk.

Prihatin, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson segera menggelar pertemuan dengan komite darurat pemerintah.

Langkah penutupan perbatasan oleh Prancisi ini menimbulkan kekacauan di Kent di tenggara Inggris yang menjadi lokasi banyak pelabuhan yang menghubungkan Inggris dengan Eropa. Pemerintah Inggris telah menyerukan ketidaksetujuannya atas penutupan akses bagi Kent, namun toh, hal itu tidak merubah keputusan Prancis.

Sekitar 10.000 truk melintasi Pelabuhan Dover di Inggris setiap harinya, menyumbang sekitar 20% perdagangan Inggris. Menteri Transportasi Inggris Grant Shapps mengatakan, penutupan perbatasan Prancis bagi lalu lintas truk dari Inggris ‘sedikit mengejutkan’, namun berupaya menenangkan kegelisahan publik dengan menambahkan bahwa mayoritas perdagangan Inggris tidak terpengaruh oleh penutupan perbatasan Prancis ini.

Ratusan truk diparkir di dekat Pelabuhan Dover di Kent, Inggris setelah pelabuhan itu ditutup menyusul pengumuman penutupan perbatasan oleh Prancis selama 48 jam sejak Minggu tengah malam. (Sumber: AP Photo / Kirsty Wigglesworth)

Shapps bersikeras, “Publik tidak akan menyadari adanya kelangkaan sejumlah barang.”

Menteri Transportasi Prancis Jean-Baptiste Djebbari mengindikasikan bahwa Prancis tengah memikirkan solusinya. Dalam cuitannya di Twitter, ia menyatakan, “Dalam beberapa jam ke depan, pada tingkat Eropa, kami akan menerapkan protokol kesehatan di tempat yang kuat agar arus lalu lintas dari Inggris dapat kembali berjalan.”

Penulis : Vyara Lestari

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
20:10
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19