Kompas TV nasional sosial

Bupati Bogor Minta Warga yang Ingin Berlibur ke Puncak Bawa Hasil Rapid Antigen

Kompas.tv - 21 Desember 2020, 21:27 WIB
bupati-bogor-minta-warga-yang-ingin-berlibur-ke-puncak-bawa-hasil-rapid-antigen
Simpang Gadog, jalur menuju Puncak, Bogor, Jawa Barat (Sumber: Abel Insani / Arief Rahman Kompas TV, Jakarta)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bupati Bogor Ade Yasin meminta warga dan wisatawan yang ingin berlibur ke kawasan Puncak, Bogor, untuk membawa hasil rapid antigen bebas Covid-19.

Hasil tes rapid antigen itu harus ditunjukkan warga atau wisatawan kepada para pelaku usaha di kawasan Puncak.

"Diimbau kepada pelaku usaha ya untuk ditanya (tes rapid antigen kepada wisawatan). Kalau kita ke Jakarta kan pasti juga ditanya. Kalau enggak ada ya, syaratnya itu," kata Ade Yasin kepada wartawan, Senin (21/12/2020), dikutip dari Tribunnews.com.

Baca Juga: Polisi Bongkar Jual Beli Surat Rapid Test Palsu, Bayar Rp 100 Ribu Dapat Hasil Non Reaktif

Menurut Ade Yasin, pihaknya harus mengeluarkan kebijakan itu untuk mengantisipasi penularan Covid-19 di kawasan Puncak di libur akhir tahun ini.

"Kalau kita gelar rapid gak mungkin juga kan karena begitu banyak tempat wisata, luasnya Kabupaten Bogor, tenaga kita juga terbatas. Jadi sebaiknya lebih selektif dalam menerima kunjungan," kata Ade Yasin kepada wartawan, Senin (21/12/2020).

Kebijakan ini, menurut Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Bogor Irwan Purnawan, hanya berlaku selama libur Natal tanggal 23 - 25 Desember 2020, dan libur Tahun Baru tanggal 31 Desember 2020 sampai 3 Januari 2021.

"Untuk wisatawan yang akan berkunjung ke Puncak kita sudah ada arah kebijakan, para wisatawan pertama harus mematuhi protokol kesehatan yang berlaku di Kabupaten Bogor, selain itu dia juga harus membawa hasil tes rapid antigen yang menyatakan negatif. Minimal tiga hari sebelum kedatangan dia sudah melakukan itu, sudah melakukan rapid tes antigen," ungkap Irwan.

Baca Juga: Mulai Besok! Penumpang KA Jarak Jauh Wajib Bawa Bukti Hasil Tes Cepat Antigen!

Pemeriksaan sendiri akan dilakukan Satgas Covid-19 Kabupaten Bogor di Simpang Gadog dan beberapa titik lainnya.

Satgas Covid-19 juga akan melakukan patroli ke beberapa tempat wisata, dan penginapan yang ada di Puncak.

Jika ada wisatawan yang tidak bisa menunjukkan hasil rapid tes anti gen, kata Irwan, maka terpaksa harus meninggalkan kawasan Puncak.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.