Kompas TV regional berita daerah

Kicak, Kuliner Tradisional Yang Banyak Dicari Warga

Senin, 21 Desember 2020 | 18:26 WIB

BLITAR, KOMPAS.TV - Makanan tradisional selalu memiliki tempat tersendiri di hati para pecinta kuliner. Salah satunya adalah kicak dan cenil, jajanan yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu ini tetap laris diburu warga.

Penjualnya adalah Ririn Rika Wanti, warga kelurahan Tanjungsari Kota Blitar. Sejak awal pandemi corona lalu, ibu 3 anak tersebut memberanikan diri untuk membuka usaha kuliner tradisional.

Tingginya rasa cinta terhadap kuliner tradisional, mendorong perempuan 42 tahun tersebut memutuskan berjualan jajanan kicak. Selain itu, sepinya penjualan kerajinan batok milik Ririn Rika Wanti selama pandemi, juga mendorong ia terjun ke dunia kuliner.

Jajanan kicak campur sendiri merupakan camilan yang terdiri dari cenil, klepon serta puli. Setelah disusun menjadi satu bagian atas jajanan ini diberikan taburan parutan kelapa serta gula merah cair.

Rasa manis dan kenyalnya tekstur membuat jajanan zaman dulu tersebut tetap disukai warga di era modern seperti ini. Selain rasa, jajanan kicak campur ini, juga lebih sehat karena terbuat dari tepung beras dan ketela, tanpa bahan pengawet.

Dalam satu hari, ririn mampu meraup pendapatan ratusan ribu rupiah, dari hasil penjualan jajanan kicak campur ini. Berkat berjualan kuliner tradisional ini, ekonomi keluarga Ririn, kini perlahan bangkit dari keterpurukan selama pandemi corona.

#Blitar #Kuliner #Cenil #klepon #Tradisional #Beritakediri

Penulis : KompasTV Kediri





BERITA LAINNYA


Beranda Islami

Nikmat Sehat

Jumat, 16 April 2021 | 10:09 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
10:18
AS ROMA AKAN MELAWAN MANCHESTER UNITED DI SEMIFINAL LIGA EUROPA   MANCHESTER UNITED, ARSENAL, AS ROMA, DAN VILLARREAL LOLOS KE SEMIFINAL LIGA EUROPA   OLIMPIADE TOKYO AKAN DISELENGGARAKAN PADA 23 JULI-8 AGUSTUS 2021   FEDERASI TENIS INTERNASIONAL (ITF) PERPANJANG PERIODE KUALIFIKASI OLIMPIADE TOKYO HINGGA 14 JUNI 2021   PEBALAP MARC MARQUEZ DINYATAKAN LOLOS TES MEDIS UNTUK GRAND PRIX MOTOGP PORTUGAL   GRAND PRIX FORMULA 1 KANADA DIBATALKAN AKIBAT PANDEMI KORONA   SHALAT TARAWIH DI MASJID NABAWI DAN MASJIDIL HARAM DIKURANGI MENJADI 10 RAKAAT   RAJA ARAB SAUDI SALMAN BIN ABDULAZIZ AL-SAUD IZINKAN MASJID NABAWI DAN MASJIDIL HARAM GELAR SHALAT TARAWIH   DUA ANGGOTA KKB PIMPINAN PUROM WENDA DI KABUPATEN LANNY JAYA, PAPUA, SERAHKAN DIRI KE POLISI   DISHUB JATIM PERBOLEHKAN WARGA MUDIK LOKAL JIKA PUNYA SURAT TUGAS   DISHUB JATIM MELARANG WARGA MUDIK DI PERKOTAAN/KABUPATEN YANG TERHUBUNG DALAM KESATUAN WILAYAH (MUDIK LOKAL)   PEMPROV KALTENG PERKETAT SYARAT MASUK WILAYAHNYA DENGAN TES ANTIGEN/PCR   WAKIL WALI KOTA BATAM AMSAKAR ACHMAD DAN ISTRINYA POSITIF TERINFEKSI COVID-19   SATGAS COVID-19: JABAR JADI PROVINSI TERBAIK PENERAPAN PPKM MIKRO DI INDONESIA