Kompas TV regional berita daerah

Kicak, Kuliner Tradisional Yang Banyak Dicari Warga

Kompas.tv - 21 Desember 2020, 18:26 WIB
Penulis : KompasTV Kediri

BLITAR, KOMPAS.TV - Makanan tradisional selalu memiliki tempat tersendiri di hati para pecinta kuliner. Salah satunya adalah kicak dan cenil, jajanan yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu ini tetap laris diburu warga.

Penjualnya adalah Ririn Rika Wanti, warga kelurahan Tanjungsari Kota Blitar. Sejak awal pandemi corona lalu, ibu 3 anak tersebut memberanikan diri untuk membuka usaha kuliner tradisional.

Tingginya rasa cinta terhadap kuliner tradisional, mendorong perempuan 42 tahun tersebut memutuskan berjualan jajanan kicak. Selain itu, sepinya penjualan kerajinan batok milik Ririn Rika Wanti selama pandemi, juga mendorong ia terjun ke dunia kuliner.

Jajanan kicak campur sendiri merupakan camilan yang terdiri dari cenil, klepon serta puli. Setelah disusun menjadi satu bagian atas jajanan ini diberikan taburan parutan kelapa serta gula merah cair.

Rasa manis dan kenyalnya tekstur membuat jajanan zaman dulu tersebut tetap disukai warga di era modern seperti ini. Selain rasa, jajanan kicak campur ini, juga lebih sehat karena terbuat dari tepung beras dan ketela, tanpa bahan pengawet.

Dalam satu hari, ririn mampu meraup pendapatan ratusan ribu rupiah, dari hasil penjualan jajanan kicak campur ini. Berkat berjualan kuliner tradisional ini, ekonomi keluarga Ririn, kini perlahan bangkit dari keterpurukan selama pandemi corona.

#Blitar #Kuliner #Cenil #klepon #Tradisional #Beritakediri



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x