Kompas TV internasional kompas dunia

Armada Kapal Induk China Bergerak Ke Laut China Selatan

Kompas.tv - 21 Desember 2020, 16:00 WIB
armada-kapal-induk-china-bergerak-ke-laut-china-selatan
Kapal Induk China Shandong yang mulai bertugas tahun 2019 (Sumber: Xinhua)
Penulis : Edwin Shri Bimo

BEIJING, KOMPAS TV – Gugus Kapal Induk China dipimpin kapal induk terbarunya, Shandong, berlayar melalui selat Taiwan menuju Laut China Selatan untuk menggelar latihan, demikian pernyataan Angkatan Laut China Senin (21/12/2020), setelah Taiwan memobilisasi militernya untuk memantau pelayaran tersebut.

Mesi bukan pertama kalinya kapal induk China lewat di dekat Taiwan, ini terjadi pada saat ketegangan yang meningkat antara Taipei dan Beijing, yang mengklaim pulau yang diperintah secara demokratis itu sebagai wilayahnya.

Kelompok kapal induk Shandong berlayar melalui Selat Taiwan sehari setelah kapal perang AS transit di jalur air yang sama. Militer China mengatakan membuntuti kapal AS tersebut.

Angkatan Laut China mengatakan Shandong dan kapal-kapal yang menyertainya "dengan lancar" melintasi Selat Taiwan yang sensitif dan sempit pada Minggu, menuju latihan di Laut China Selatan, di mana China memiliki klaim teritorial dan bersengketa dengan banyak negara di Laut China Selatan.

Baca Juga: Menlu Amerika Serikat Dukung Sikap Indonesia di Laut China Selatan

Latihan itu adalah bagian dari "pengaturan normal yang dibuat sesuai dengan rencana tahunan", katanya. "Ke depan, kami akan terus menyelenggarakan operasi serupa berdasarkan kebutuhan pelatihan."

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan, Shandong dikawal empat kapal perang dan telah berangkat dari pelabuhan Dalian di China utara pada hari Kamis.

Taiwan mengatakan pihaknya mengirim enam kapal perang dan delapan pesawat angkatan udara untuk "berjaga" dan memantau pergerakan kapal China.

Shandong adalah kapal induk kedua China, dan secara resmi ditugaskan hampir setahun yang lalu.

Baca Juga: Ditekan AS-Australia Terkait Laut China Selatan, Ini Respons China



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x