Kompas TV regional berita daerah

Si Gelis Bikin Pedagang Pasar di Yogyakarta Semangat Kerja

Senin, 21 Desember 2020 | 12:12 WIB
si-gelis-bikin-pedagang-pasar-di-yogyakarta-semangat-kerja
Gelis yang bikin pedagang pasar di Yogyakarta semakin giat bekerja (Sumber: istimewa)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Ada inovasi baru untuk pedagang pasar di Yogyakarta. Kini, para pedagang pasar di Yogyakarta bisa bekerja semakin efektif dan efisien karena si Gelis.

Siapa si Gelis? Jangan bayangkan si Gelis berarti geulis dalam bahasa Sunda yang identik dengan perempuan cantik.

Gelis yang dimaksud di sini adalah Gerobak Listrik. Gelis tercipta karena keprihatinan melihat para pedagang pasar dan UMKM di banyak tempat, termasuk Yogyakarta, yang berjualan secara konvensional.

“Mereka masih berjualan menggunakan gerobak dikayuh, didorong, atau dipikul,” ujar Budi S Kurniawan, General Manager PT Desa Kartaga Niaga, main dealer Gelis DIY dan Jateng Selatan, Minggu (20/12/2020).

Baca Juga: Pandemi Covid-19 Turunkan Pendapatan Pedagang Pasar

Ia menuturkan jika ada modernisasi, maka pelaku UMKM dan pedagang pasar bisa memperluas pemasaran dan lebih efisien. Terlebih, Gelis memiliki semangat go green karena berbahan bakar listrik.

Gelis sudah lolos uji standardisasi. Tidak hanya itu, Gelis merupakan kendaraan listrik pertama yang memiliki surat tanda nomor kendaraan. Sudah ada delapan unit Gelis yang beroperasi di Yogyakarta dan sekitarnya.

Penulis : Switzy Sabandar





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
08:22
PTPN III BERI APRESIASI ATAS TERCAPAINYA KESEPAKATAN RESTRUKTURISASI KEUANGAN YANG DILAKUKAN KEMENTERIAN BUMN   MENTERI BUMN ERICK THOHIR SEBUT RESTRUKTURISASI KEUANGAN PTPN SUDAH RAMPUNG   KEMENTERIAN BUMN YAKINKAN LEBIH DARI 50 KREDITOR UNTUK RESTRUKTURISASI PINJAMAN PTPN III HINGGA RP 41 TRILIUN   MENAKER LUNCURKAN POSKO THR UNTUK MEMANTAU DAN MENGATASI MASALAH PEMBERIAN THR   KEMENDESA PDTT TERUS GIATKAN SOSIALISASI LARANGAN MUDIK LEBARAN DEMI KESEHATAN BERSAMA    PEMPROV DKI JAKARTA BUKA VAKSINASI UNTUK PELAKU EKONOMI KREATIF, DARI PEMUSIK HINGGA PENGUSAHA KULINER   MENAG DORONG APARAT PENEGAK HUKUM TINDAK PELAKU UJARAN KEBENCIAN YANG MENGARAH KE PENISTAAN AGAMA   WALI KOTA DEPOK MOHAMMAD IDRIS: PEMKOT DUKUNG PENGUSUTAN DUGAAN KORUPSI DAMKAR DEPOK   SATPOL PP DIRIKAN 8 POSKO DI PASAR TANAH ABANG UNTUK PANTAU PELANGGARAN PROTOKOL KESEHATAN   WAKIL KETUA DPR AZIS SYAMSUDDIN MINTA PEMERINTAH CARI SOLUSI CEGAH PERKAWINAN ANAK   WAKIL KETUA DPR AZIS SYAMSUDDIN DORONG KEMENTERIAN PPPA, KPAI, BPS PETAKAN DAERAH YANG BANYAK PERKAWINAN ANAK   PEMKOT BANDUNG MENYATAKAN 50 PERSEN TENAGA PENDIDIK TELAH DIVAKSINASI COVID-19   BADAN PENGKAJIAN DAN PENERAPAN TEKNOLOGI KEMBANGKAN BERBAGAI TEKNOLOGI MITIGASI PERUBAHAN IKLIM   MENTERI PPPA DORONG FORUM ANAK DAPAT DIBENTUK HINGGA KE TINGKAT KECAMATAN DAN DESA