Kompas TV nasional kompas tv news

Ridwan Kamil Yakin Rebana Metropolitan Patimban Sukses dalam 30 Tahun

Kompas.tv - 20 Desember 2020, 16:06 WIB
ridwan-kamil-yakin-rebana-metropolitan-patimban-sukses-dalam-30-tahun
Presiden Jokowi Beserta Jajaran Resmikan Peluncuran Awal Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat (Sumber: Youtube Sekretariat Presiden)
Penulis : Frisca Clarissa

JAKARTA, KOMPAS.TV- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo atas peresmian Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat, pada Minggu (20/12/2020).

Ridwan Kamil menyebut bangga dengan hadirnya pelabuhan bertaraf internasional itu di Jawa Barat.

"Kami sangat berbangga bisa menyaksikan soft launching dan pengoperasian perdana Pelabuhan Internasional Patimban di Subang, Jawa Barat oleh Bapak Presiden Republik Indonesia. Atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Rakyat Jawa Barat, Kami menghaturkan terima kasih atas takdir yang luar biasa ini di Tanah Jawa Barat," ujar Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil.

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan Pelabuhan Patimban

Emil meyakini, peresmian Pelabuhan Patimban ini, akan menjadi awal pertumbuhan kawasan regional "Rebana Metropolitan" berkonsep Kota Maritim, yang ia harapkan sukses dalam 30 tahun mendatang.

"Pertemuan ini akan menjadi cikal bakal sebuah kawasan regional metropolitan Rebana yang terdiri dari 13 kota industri baru, di mana Patimban juga kami bantu menjadi kota maritim Patimban untuk 1.000.000 penduduk sehingga kami harapkan dalam 30 tahun akan sukses menjadi kawasan dan kota pelabuhan yang luar biasa," ucap Gubernur Jawa Barat.

Ridwan Kamil juga optimistis, Kawasan Rebana Metropolitan ini mampu membuka 4,3 juta lapangan kerja dan mendorong pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat sebesar 4 persen yang juga berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

"Bapak Presiden, Saya laporkan jika kawasan metropolitan Rebana ini jika berhasil dengan pertimbangan sebagai cikal bakalnya maka akan menghasilkan 4,3 juta pekerjaan dalam 15 tahun ke depan dan memberikan tambahan pertumbuhan ekonomi sampai 4 persen untuk Provinsi Jawa Barat yang tentunya juga akan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional," kata Emil.

Baca Juga: Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi, Jokowi Minta Pembangunan Pelabuhan Patimban Dikebut

Peresmian Pelabuhan Patimban oleh Presiden Joko Widodo juga disertai ekspor perdana 140 unit kendaraan mobil dengan menggunakan Kapal MV Suzuka Express milik PT Toyofuji Shipping Co., Ltd dengan tujuan Brunei Darussalam.
 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x