Kompas TV nasional sosial

Gelar Silaturahmi, Ma`ruf Amin Sampaikan 3 Hal Penting Sikapi Visi MUI

Kompas.tv - 20 Desember 2020, 07:48 WIB
gelar-silaturahmi-ma-ruf-amin-sampaikan-3-hal-penting-sikapi-visi-mui
Gedung Majelis Ulama Indonesia (MUI) (Sumber: mui.or.id)
Penulis : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pimpinan Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Periode 2020-2025 menggelar silaturahmi virtual pada Jumat malam (18/12/2020).

Baca Juga: Isu Normalisasi Hubungan Indonesia-Israel, MUI: Kemerdekaan Palestina Harus Diperjuangkan!

Silaturahmi digelar untuk saling mengenal antar pimpinan Dewan Pertimbangan dan untuk mendapatkan arahan dari Ketua Dewan Pertimbangan MUI sebagai kerangka dalam mengemban tugas.

Dalam acara itu, Ketua Dewan Pertimbangan MUI yang juga Wakil Presiden (Wapres) RI, Ma`ruf Amin menjelaskan, ada 3 hal yang perlu diselaraskan agar terdapat kesamaan sudut pandang dalam menyikapi perumusan visi MUI. 

Pertama, terkait dengan manhaj, untuk dirumuskan secara konkrit cara berfikir dan pergerakannya agar tidak terjebak pada ifrath (kebablasan) ataupun tafrith (bersikap gegabah).

Kedua, menyangkut koordinasi gerakan, bila disepakati MUI sebagai Imamah Institusionaliyah atau Imam di antara ormas Islam. 

Dalam hal ini, lanjut Ma`ruf, seluruh keputusan yang dihasilkan oleh MUI haruslah merupakan hasil keputusan yang juga disepakati oleh ormas-ormas Islam di bawah naungan MUI. 

Ketiga, Ma`ruf menyampaikan terkait pokok-pokok gerakan perlindungan, penguatan, dan juga penyatuan negara serta umat.

Ia juga berpesan agar pikiran-pikiran dan keputusan yang dirumuskan oleh Dewan Pertimbangan dapat dikonsultasikan dengan Dewan Pengurus harian sehingga keduanya dapat bersama membangun MUI dengan lebih baik lagi.

Baca Juga: Sebelum Diedarkan MUI Bakal Pastikan Vaksin Covid-19 Sinovac Halal

“Saya kira supaya tidak keputusan sepihak saja, sebab hal-hal yang harus dikerjakan bersama. Walaupun rumusan pokoknya ada di Dewan Pertimbangan tapi eksekusinya detailnya tentu ada di Dewan Pengurus Harian. Itulah saya ingin membuat situasi yang baru, saling mengisi sesuai fungsinya, jangan melewati seperti yang digariskan Pedoman Dasar dan Pedoman Rumah Tangga (PDPRT),” jelas Ma`ruf.

Dalam kegiatan itu dihadiri Wakil Ketua Dewan Pertimbangan MUI Syafiq A. Mugni, Ketua MUI Masduki Baidlowi, dan Masykuri Abdillah, dan seluruh jajaran kepengurusan Dewan Pertimbangan MUI periode 2020-2025.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x