Kompas TV regional berita daerah

Kodam VI Mulawarman Antisipasi Krisis Pangan Nasional Di Masa Pandemi

Kompas.tv - 18 Desember 2020, 15:44 WIB

KUTAI KARTANEGARA, KOMPAS,TV - Desa Tanjung Batu, Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara yang telah ditetapkan menjadi kawasan program cadangan pangan strategis nasional seluas 460 hektar di Provinsi Kalimantan Timur, sejak bulan oktober 2020 lalu sudah menunjukkan hasil yang signifikan.

Dari 460 hektar lahan kosong yang dibuka, kini disulap menjadi lumbung pangan di wilayah tersebut. Hasilnya, sudah mencapai 30 persen hanya kurung waktu satu setengah bulan yang di kerjakan oleh satuan kodim 0906 Tenggarong bina toritorial kodam VI mulawarman bersama kelompok tani dan pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara.

Sebagian lahan sudah ditanami untuk kebutuhan pangan seperti tanaman sayur-sayuran, cabe, tomat dan jagung hingga tanaman padi sawah. Selain itu juga disiapkan kolam peternakan ikan dan area peternakan sapi.

Pangdam VI mularwarman, Mayjen TNI Heri Wiranto dilokasi tersebut menyebutkan, bahwa dapat dipastikan program yang telah dicanangkan tersebut menjadi desa sinergi hijau untuk mengantisipasi krisis pangan yang diprediksi akan terjadi ditengah kondisi ekonomi yang sulit di masa pandemi covid-19.

Sementara peran pemerintah daerah Kabupaten Kutai Kartanegara untuk mensukseskan program tersebut akan dibuatkan peraturan daerah sebagai kawasan cadangan pangan yang tidak hanya bersifat sementara, namun secara terus menerus akan dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat.

Desa sinergi hijau yang menjadi kawasan lumbung pangan ini juga melibatkan kelompok tani milenial, dengan pendampingan tim ahli pertanian yang ditargetkan ditahap akhir untuk 460 hektar lahan kosong ini sudah bisa digarap secara keseluruhan pada tahun 2022 mendatang.

#KetahananPangan#ProgramKodam#AntisipasiKrisisPangan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x