Kompas TV regional berita daerah

Ibu-ibu Pelaku UMKM Gigih Mempertahankan Usaha Kuliner Rumahannya di Tengah Pandemi

Kompas.tv - 18 Desember 2020, 13:03 WIB
Penulis : KompasTV Jember

BANGKALAN DAN SAMPANG, KOMPAS.TV - Dua orang ibu rumah tangga di Bangkalan dan Sampang Madura Jawa Timur tetap bertahan mengembangkan usaha kuliner rumahan di tengah pandemi Covid-19. Karena kegigihannya, seorang ibu sukses menjalankan usaha rotinya dan seorang ibu lainnya sukses dengan usaha kopi jahenya.

Adalah Yulia kardina, seorang ibu rumah tangga di Perumahan Nilam Bangkalan Jawa Timur yang tetap gigih untuk bertahan menjalankan usaha roti rumahan. Sejak pagi, ia sibuk menyiapkan bahan untuk pembuatan roti. Dengan dibantu dua anggota keluarganya, ibu muda ini membuat roti pesanan para tetangga.

Meski melakukan seluruh pekerjaan di rumah, namun protokol kesehatan tetap dijalankan dengan ketat. Ia selalu menyuruh anggota keluarga menggunakan masker, rajin mencuci tangan dan selalu menjaga jarak saat proses produksi roti dilakukan. Kini usaha roti yang digelutinya banyak menerima pesanan dan  harganya bersaing.

Baca Juga: Ini Siasat Pelaku UMKM Bertahan di Saat Pandemi Covid-19

Selain ibu Yulia, ada juga ibu Sidena, asal Kecamatan Torjun, Kabupaten Sampang. Ia tetap mempertahankan usaha rumahan, yakni kopi jahe di tengah pandemi. Kopi jahe diproduksi secara manual dengan cara digiling lalu diseduh dan disajikan di warungnya.

Ia menerapkan protokol kesehatan secara ketat di warungnya. Para pembeli yang datang ke warungnya untuk memesan kopi jahe diwajibkan memakai masker, mencuci tangan di tempat yang disediakan dan menjaga jarak.

Ibu Sidena juga meminta anggota keluarganya mematuhi 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak saat produksi kopi jahenya dilakukan di rumah.

Menjaga roda ekonomi tetap berputar menjadi harapan semuanya. Namun menjaga kesehatan dengan mematuhi protokol kesehatan menjadi kewajiban bersama.

 

#PelakuUMKM #UsahaKuliner #PandemiCovid-19



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x