Kompas TV regional viral

Viral! Buat Rakit dari 2 Galon Air, Dedik Purnomo Ingin Berlayar dari Balikpapan ke Malang

Kompas.tv - 18 Desember 2020, 12:03 WIB
viral-buat-rakit-dari-2-galon-air-dedik-purnomo-ingin-berlayar-dari-balikpapan-ke-malang
Viral! Buat rakit dari 2 galon air, ingin berlayar dari Balikpapan ke Malang. (Sumber: Instagram/@makassar_iinfo)
Penulis : Dian Septina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemuda yang nekat menyeberangi lautan dengan dua galon yang dirakit viral di media sosial.

Dedik Purnomo berusia 27 tahun itu nekat berenang dari Balikpapan untuk pulang ke Malang karena tak punya uang. Dedik Purnomo merupakan warga Jalan Rengganis, Balikpapan Selatan, Kalimantan Timur.

Aksinya tersebut diketahui sejumlah motoris speed boat pada Rabu (16/12/2020) siang. Kapolsek Pelabuhan Semayang Balikpapan, AKP Retno Ariani menuturkan Dedik nekat berenang di sekitar Pelabuhan Semayan menggunakan dua buah galon.

Galon itu diancang dan dirakit agar bisa mengapung di laut dengan dua galon dan papan kayu sebagai tempat dirinya berpegangan.

Baru tiga jam terapung di air, Dedik sudah diamankan polisi. Aksinya yang terbilang nekat sangat disayangkan karena membayakan keselamatan jiwanya.

Setelah dievakuasi ke darat, Dedik langsung dipertemukan dengan kakaknya. Kakaknya menuturkan Dedik sedikit mengalami gangguan setelah sempat koma beberapa waktu lalu.

"Dia memang sempat koma lama, sehingga dia sering stres dan melakukan kegiatan yang tidak masuk akal, kalau pergi dari rumah memang sudah sering dilakukan, kalau sudah pergi dari rumah nanti kalau sudah sadar dia akan kembali pulang seperti biasa," kata Retno.

"Jadi memang ada agak kekurangannya, jadi kemarin kita sudah tawari ke kakaknya juga kalau memang tidak ada biaya kita akan biayai pulang, tetapi kakaknya mengaku akan merawat pelaku," jelas Retno menambahkan.

Dedik yang sempat dievakuasi ke Makopolsek Pelabuhan Semayang mengaku idenya berenang ke Pulau Jawa muncul spontan.

"Setelah berkelahi dengan kakak ide pulang ke Jawa itu muncul tiba karena tidak punya uang, ya sudah mau coba berenang aja aku, Allahu a'lam aja kalau selamat sampai sana," kata Dedik.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.