Kompas TV internasional kompas dunia

Berikut Daftar Pejabat Negara yang Pernah Positif Covid-19, Macron Jadi yang Terbaru

Kompas.tv - 18 Desember 2020, 08:36 WIB
berikut-daftar-pejabat-negara-yang-pernah-positif-covid-19-macron-jadi-yang-terbaru
Presiden Prancis Emmanuel Macron menjadi kepala negara terbaru yang terinfeksi virus corona. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu

KOMPAS.TV - Presiden Prancis Emmanuel Macron adalah pemimpin dunia terbaru yang terkonfirmasi positif Covid-19. Ia bergabung dalam daftar pemimpin-pemimpin dunia yang juga tak bisa terhindar dari virus yang sedang mewabah.

Macron, yang berusia 42 tahun, berulang kali mengatakan bahwa dia berpegang pada protokol kesehatan yang ketat selama pandemi. Ia mengaku tidak berjabat tangan, mengenakan masker dan menjaga jarak dari orang lain. Istana Elysee mengumumkan pada hari Kamis bahwa Macron akan diisolasi selama tujuh hari.

Selain Macron, ini adalah daftar para pemimpin dunia yang juga pernah terkonfirmasi positif Covid-19.

Baca Juga: Presiden Perancis Emmanuel Macron Positif Covid-19!

DONALD TRUMP

Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengumumkan pada bulan Oktober bahwa dia dan istrinya, ibu negara Melania Trump, dinyatakan positif terkena virus corona. Selama berbulan-bulan, Trump terlihat mengabaikan protokol kesehatan dan sering terlihat tidak memakai masker. Padahal virus ini telah menewaskan lebih dari 300.000 orang di AS.

Pada usia 74, presiden AS adalah kepala negara tertua yang terinfeksi virus hingga saat ini, dan usianya menempatkannya pada risiko komplikasi serius. Lebih dari itu, Trump terinfeksi Covid-19 ketika ia tengah gencar-gencarnya berkampanye jelang pemilu AS. Ia sempat dirawat di rumah sakit selama tiga hari, dan kini telah pulih berkat perawatan kelas satu yang ia terima.

BORIS JOHNSON

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson adalah pemimpin negara besar pertama yang terkonfirmasi mengidap Covid-19. Dia dipindahkan ke perawatan intensif pada bulan April setelah gejalanya memburuk secara dramatis. Dia sempat diberi oksigen untuk membantu pernapasan, tetapi tidak membutuhkan ventilator.

Dia kemudian mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada staf Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS) karena telah menyelamatkan nyawanya. Pangeran Charles, pewaris tahta kerajaan Inggris, juga dinyatakan positif pada Maret dan hanya menunjukkan gejala ringan.

Baca Juga: Donald Trump dan Pejabat Senior Pemerintah AS Akan Menjadi yang Pertama Menerima Vaksin Covid-19

JAIR BOLSONARO

Presiden Brasil Jair Bolsonaro mengumumkan telah terkonfirmasi positif Covid-19 pada bulan Juli. Dia memuji hydroxychloroquine, obat malaria yang belum terbukti efektif untuk menyembuhkan Covid-19. Namun dia mempromosikan obat ini, yang menurutnya dia konsumsi untuk pengobatan Covid-19.

Selama berbulan-bulan sebelumnya, dia juga kerap meremehkan virus corona dan menyebutnya sebagai "flu ringan". Dia juga sering terlihat tampil di depan publik tanpa memakai masker.

Baca Juga: Donald Trump Gagal Kembali Jadi Presiden AS, Jair Bolsonaro Bungkam

JUAN ORLANDO HERNANDEZ

Presiden Honduras Juan Orlando Hernandez mengumumkan pada bulan Juni, bahwa dia positif Covid-19, bersama dengan dua orang lainnya yang bekerja dengannya. Hernández mengatakan dia telah memulai apa yang dia sebut sebagai "pengobatan MAIZ," yaitu sebuah pengobatan eksperimental dan belum terbukti ampuh. MAIZ merupakan kombinasi dari mikrodacyn, azitromisin, ivermektin dan seng. Dia sempat dirawat di rumah sakit dan kini telah pulih.

ALEXANDER LUKASHENKO



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x