Kompas TV regional berita daerah

Partisipasi Pemilih di Pilkada Kalsel 2020 Menurun ke Angka 64.11%, KPU : Faktor Pandemi dan Hujan

Kompas.tv - 17 Desember 2020, 21:01 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Tingkat partisipasi warga dalam Pilkada menurun dari target yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Selatan sebesar 79%.

Jika mengacu pada perhelatan Pilkada 2015, partisipasi pemilih berada di 66,34% sementara di Pilkada 2020 partisipasi pengguna hak pilih menurun tipis di angka 64,11%.

Baca Juga: Data SiRekap Belum Lengkap, Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pilgub Kalsel Sempat Ditunda

Komisioner KPU Kalimantan Selatan, Edy Ariansyah menyebut penurunan ini disebabkan faktor hujan saat pemungutan suara di daerah hingga kekhawatiran masyarakat terhadap penyebaran Covid-19, meskipun KPU sudah menerapkan protokol kesehatan.

“Memang ada beberapa tantangan di Pilkada 2020 ini. Pertama, kita menyelenggarakannya di masa pandemi Covid-19 yang tentunya itu menjadi tantangan tersendiri bagi pemilih untuk hadir ke TPS, walaupun kita sudah menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” terang Komisioner KPU Kalsel, Edy Ariansyah. 

Baca Juga: Pantau Proses Rekapitulasi, Bawaslu Kalsel Lakukan Pengawasan Melekat Antisipasi Pelanggaran

Kendati secara provinsi terjadi penurunan, Edy Ariansyah menyebut Pilkada di Kabupaten Kotabaru dan Tanah bumbu mengalami peningkatan jika berkaca dari pemilu 2019 yang berada di bawah target nasional, yakni 77,5%.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x