Kompas TV nasional laporan khusus

Tantangan Belajar Jarak Jauh - LAPORAN KHUSUS

Kompas.tv - 17 Desember 2020, 15:54 WIB
Penulis : Anas Surya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sistem pembelajaran jarak jauh membawa banyak kendala. Namun beragam tantangan belajar jarak jauh di masa pandemi menjadi cerita tersendiri bagi mereka yang berjuang merajut masa depan.

Sistem pembelajaran jarak jauh sejak maret 2020 sebagai upaya menekan penyebaran Covid-19 masih menjadi persoalan. Mulai dari persoalan disparitas teknologi antar rumah tangga, jaringan internet antar daerah, hingga literasi teknologi guru dan orang tua yang bervariasi masih banyak ditemui.

Menurut pakar kebijakan publik Universitas Gadjah Mada, Agustinus Subarsono, persoalan jaringan internet dalam sistem daring merupakan kendala utama bagi siswa dan guru. 

Data dari asosiasi penyelenggara internet Indonesia atau APJII sebaran akses internet di Indonesia masih di dominasi oleh pulau Jawa sebesar 56,4%, disusul pulau Sumatera 22,1%, pulau Sulawesi 7%, pulau Kalimantan 6,3%, pulau Bali dan Nusa Tenggara sebesar 5,2%, terakhir Maluku dan Papua sebesar 3%.

Kesenjangan inilah yang menjadi salah satu faktor persoalan pembelajaran daring terutama di daerah-daerah sulit jangkauan internet.

#LaporanKhusus #PembelajaranJarakJauh #Corona



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x