Kompas TV internasional kompas dunia

Presiden Palestina Telepon Jokowi soal Isu Normalisasi Hubungan dengan Israel, Ini yang Dibicarakan

Kompas.tv - 16 Desember 2020, 21:46 WIB
presiden-palestina-telepon-jokowi-soal-isu-normalisasi-hubungan-dengan-israel-ini-yang-dibicarakan
Foto kolase: Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas. (Sumber: Kantor Berita Palestina WAFA)
Penulis : Fadhilah

KOMPAS.TV - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas terlibat pembicaraan lewat sambungan telepon pada Rabu (16/12/2020).

Kantor Berita Palestina WAFA melaporkan bahwa Presiden Abbas berterima kasih kepada Jokowi atas sikap negaranya yang mendukung hak-hak Palestina.

Mahmoud juga menyampaikan penghargaan atas posisi Indonesia yang menolak normalisasi dengan Israel serta komitmen Indonesia untuk mencapai perdamaian terlebih dahulu berdasarkan solusi dua negara sesuai dengan resolusi-resolusi dan hukum internasional.

Baca Juga: Isu Indonesia Buka Hubungan Diplomatik dengan Israel, Ini Kata Menlu Retno

Presiden Palestina juga menghargai sikap Indonesia yang mendukung masalah Palestina di forum-forum internasional melalui keanggotaannya di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). 

Kepada mitra Indonesia, Mahmoud menyampaikan perkembangan terakhir masalah Palestina dan upaya-upaya pimpinan untuk melindungi hak-hak rakyat Palestina. 

Sementara itu, Presiden Jokowi menegaskan bahwa masalah Palestina sudah menjadi komitmen dan prinsip negaranya.

"Meskipun banyak terjadi perubahan yang begitu cepat di Timur Tengah, Indonesia tidak akan mengambil langkah apapun untuk normalisasi dengan Israel hingga terwujudnya perdamaian abadi dan komprehensif antara rakyat Palestina dan Israel," tegas Presiden Jokowi dilansir dari Kantor Berita Palestina WAFA.

"Indonesia sebagai negara Muslim terbesar, akan terus berupaya mendukung tercapainya perdamaian dan melakukan peran lebih besar dalam hal ini," sambungnya.

Selain itu, Presiden Jokowi juga menyatakan akan mengutus Menteri Luar Negeri Retno Marsudi untuk bertemu dengan mitranya dari Palestina Riyad Al-Maliki, sebagai bagian dari upaya Indonesia untuk mendukung perdamaian. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x