Kompas TV nasional update corona

Presiden Jokowi Putuskan Vaksin Corona Gratis untuk Seluruh Masyarakat

Kompas.tv - 16 Desember 2020, 14:21 WIB
presiden-jokowi-putuskan-vaksin-corona-gratis-untuk-seluruh-masyarakat
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menjelaskan tentang kedatangan vaksin covid-19, Minggu (6/12/2020). (Sumber: YouTube: Sekretariat Presiden)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Setelah menimbulkan polemik di tengah masyarakat terkait program vaksin mandiri alias berbayar, akhirnya Presiden Joko Widodo mengumumkan bahwa vaksin Covid-19 untuk masyarakat dinyatakan gratis. 


"Setelah melakukan kalkulasi ulang, perhitungan yang mengenai keuangan negara, dapat saya sampaikan vaksin COVID-19 untuk masyarakat adalah gratis. Sekali lagi gratis, tidak dikenakan biaya sama sekali," ujar Jokowi dalam keterangan melalui video Indonesia Maju, Rabu (16/12/2020).

Untuk mempertegas perintahnya, Presiden Jokowi memerintahkan Menteri Keuangan untuk mengalokasikan anggaran 2021 untuk program vaksin gratis ini. 

Baca Juga: Biden Akan Disuntik Vaksin Covid-19 di Depan Umum

"Saya juga menginstruksikan dan memerintahkan Menkeu untuk memprioritaskan dan merealokasi dari anggaran lain untuk ketersediaan vaksinasi gratis ini,"  kata Jokowi. Sehingga, kata Jokowi, tidak ada alasan masyarakat tidak mendapatkan vaksin. 

Bukan hanya menggaratiskan vaksin, demi menumbuhkan kepercayaan masyarakat Jokowi bersedia menjadi orang yang pertama divaksin. "Nanti saya yang akan menerima vaksin pertama kali. Ini untuk memberi keyakinan dan kepercayaan masyarakat bahwa vaksin yang digunakan aman," tegas Jokowi.

Baca Juga: Dikritik Biaya Vaksin Berbayar, Pemerintah Akan Tanggung Masyarakat Kurang Mampu

Di akhir keputusannya, Jokowi tetap mengingatkan masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan yaitu memakai masker, cuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.