Kompas TV regional peristiwa

Deretan Konfederasi Buruh Internasional yang Ikut Dukung Penolakan UU Cipta Kerja

Selasa, 15 Desember 2020 | 16:28 WIB
deretan-konfederasi-buruh-internasional-yang-ikut-dukung-penolakan-uu-cipta-kerja
Serikat buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menggelar aksi unjuk rasa tolak Omnibuslaw UU Cipta Kerja dan meminta Menaker untuk menarik surat edaran yang telah dikeluarkan. Aksi ini dilakukan di pelataran Gedung Kemenakertrans, Jakarta Selatan pada Selasa 10 November 2020 (Sumber: Raeka Singgar / Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Perjuangan buruh Indonesia dalam menolak dan membatalkan Omnibus Law UU Cipta Kerja mendapat dukungan dari konfederasi buruh internasional.

Klaim perihal dukungan terhadap penolakan UU Cipta Kerja itu dilontarkan Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal dalam jumpa pers virtual, Selasa (15/12/2020).

Ia mencontohkan, konfederasi serikat buruh sedunia International Trade Union Confederetion (ITUC) sudah mengirim surat kepada Presiden Jokowi dan pimpinan DPR. Isi surat itu berupa mendukung pembatalan UU Cipta Kerja.

Baca Juga: UU Cipta Kerja Beri Kepastian Hukum Perlindungan PHK Bagi Buruh

Menurut Said Iqbal, selain ITUC, KSPI juga mendapat dukungan dari dari Federasi Serikat Pekerja Metal Energi Sedunia atau IndustriALL, serikat buruh bernama Public Service International (PSI), FMV Belanda, SAS atau serikat buruh Finlandia, serikat buruh Australia ATCU, dan serikat buruh Turki, serikat buruh Jerman DGB, termasuk Friedrich Ebbert Stiftung FES.

“Konfederasi-konfederasi buruh internasional tersebut akan melakukan aksi-aksi solidaritas yang diarmadai oleh ITUC,” ujar Said Iqbal, seperti yang dikutip dari Kompas.com, Selasa (15/12/2020).

KSPI akan mengajukan saksi ahli dari Organisasi Buruh Internasional (ILO) ke Mahkamah Konstitusi (MK). Saksi ahli akan membahas perspektif HAM dan labour right (hak buruh).

Penulis : Switzy Sabandar


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
11:08
BMKG MEMPREDIKSI SEBAGIAN WILAYAH JABODETABEK AKAN DIGUYUR HUJAN DENGAN INTENSITAS RINGAN HARI INI    DISHUB DKI: KENDARAAN YANG BELUM UJI EMISI DAN TAK LULUS UJI EMISI AKAN DIKENAKAN TARIF PARKIR TERTINGGI   DISHUB DKI MULAI MELAKUKAN UJI COBA PEMBERIAN INSENTIF PARKIR UNTUK KENDARAAN YANG TELAH LULUS UJI EMISI   HARI INI, KASUM TNI TINJAU VAKSINASI COVID-19 KEPADA 1.746 BABINSA DAN BABINPOTDIRGA DI LANUD ADI SOEMARMO, JATENG   KEMENHAN LUNCURKAN SATU UNIT KAPAL ANGKUT (AT-18) H-355 YANG DIBERI NAMA KRI TELUK WEDA-526    KETUA TIM MITIGASI PB IDI ADIB KHUMAIDI: GELOMBANG PERTAMA PANDEMI COVID-19 DI INDONESIA BELUM BISA DISEBUT BERAKHIR   HARI INI, KPU DAN KEMENKES AKAN TEKEN MOU AKSES DATA PEMILIH UNTUK VAKSINASI COVID-19    DINAS PERTAMANAN & HUTAN KOTA: PEMPROV DKI AKAN FOKUS OPTIMALISASI PENGGUNAAN LAHAN MAKAM YANG TERSEDIA   PEMPROV DKI MENYATAKAN TAK AKAN MEMBELI LAHAN UNTUK PEMAKAMAN JENAZAH PASIEN COVID-19    KADIN: SAAT INI SUDAH 8.300 PERUSAHAAN YANG MENDAFTAR UNTUK VAKSINASI COVID-19 MANDIRI ATAU GOTONG ROYONG   MENKO PEREKONOMIAN AIRLANGGA HARTARTO: INSENTIF PPNBM MOBIL DAN RUMAH BISA DONGKRAK EKONOMI RI 1 PERSEN   KEMENKOP UKM & KEMENKEU AKAN MELANJUTKAN PROGRAM BLT RP 2,4 JUTA KEPADA PELAKU UMKM YANG TERKENA PANDEMI   ANTISIPASI UU PEMILU TAK DIREVISI, KPU USULKAN AGAR TAHAPAN PEMILU 2024 SELAMA 30 BULAN   KOMISIONER KPU VIRYAN AZIS SEBUT PIHAKNYA BERENCANA MENYUSUN TAHAPAN PEMILU 2024 SECARA LEBIH AWAL