Kompas TV regional berita daerah

UU Cipta Kerja Beri Kepastian Hukum Perlindungan PHK Bagi Buruh

Selasa, 15 Desember 2020 | 13:53 WIB

SEMARANG, KOMPAS.TV - Meski masih menuai pro dan kontra, sebenarnya UU tentang Cipta Kerja memberi kepastian hukum,salah satunya terkait dengan perlindungan PHK bagi buruh. UU Cipta Kerja juga diharapkan mampu menyerap tenaga kerja, kemudahan berinvestasi dan munculnya peluang wirausaha baru.

Hal tersebut diungkapkan mediator hubungan industrial Disnakertrans Provinsi Jawa Tengah, Adi Nugroho, disela-sela diskusi tentang UU Cipta Kerja yang di hadiri perwakilan buruh, pengusaha, mahasiswa dan akademisi yang di selenggarakan Pemuda Merah Putih Jawa Tengah di Semarang.

Menurut Adi Nugroho, salah satu kepastian hukum itu adalah terkait dengan perlindungan PHK bagi buruh, dimana dalam UU itu diatur secara jelas sanksi bagi pengusaha yang tidak membayar pesangon.

Adi menambahkan, tujuan lain dikeluarkannya UU Cipta Kerja lebih kepada kemudahan perijinan investasi, penyerapan tenaga kerja yang diharapkan semakin banyak, dan peluang kewirausahaan baru serta UMKM.

Sementara itu, pakar hukum Undip Muhammad Azhar menyatakan omnibuslaw sebetulnya dari awal bertujuan untuk memangkas tumpang tindih peraturan perundang- undangan di Indonesia. Kemudian pada prosesnya dikembangkan untuk mengatasi persoalan pengagguran walaupun diwarnai kontroversi. Menurut Azhar, omnibuslaw juga mempunya sisi positif bagi pengusaha, misal upah minimum sektoral dihapus, kemudian UMK di tetapkan bersyarat berdasarkan pertumbuhan ekonomi daerah dan inflansi kabupate-kota.

#UUCiptaKerja #DisnakertransProvinsiJawaTengah #Omnibuslaw

Penulis : KompasTV Jateng





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
12:26
BMKG IMBAU MASYARAKAT TIDAK MELAKUKAN PELAYARAN KHUSUSNYA PAPUA UTARA, MALUKU UTARA, DAN SULAWESI UTARA   KETUA KOMISI VIII DPR YANDRI SUSANTO TEKANKAN PENTINGNYA PROKES KETAT DALAM PENYELENGGARAAN SEKOLAH TATAP MUKA   JUBIR VAKSINASI KEMENKES: 15,1 JUTA DOSIS VAKSIN SUDAH TERMASUK DOSIS PERTAMA DAN KEDUA   KEMENTERIAN KESEHATAN SEBUT VAKSINASI COVID-19 TELAH MENCAPAI 15,1 JUTA DOSIS   ASITA MINTA PEMERINTAH BERI SUBSIDI TERKAIT BIAYA TAMBAHAN HAJI YANG DINILAI MEMBERATKAN CALON JEMAAH HAJI   KKP AJAK MASYARAKAT AGAR DAPAT MEMENUHI ASUPAN PROTEIN YANG DIBUTUHKAN SAAT JALANI IBADAH PUASA    MENAKER IDA FAUZIYAH SEBUT PEMBAYARAN THR PALING LAMBAT 7 HARI SEBELUM HARI RAYA KEAGAMAAN   KETUA DPR PUAN MAHARANI: RAMADAN MOMENTUM TINGKATKAN KEPEDULIAN PADA SESAMA   KETUA DPR PUAN MAHARANI AJAK MASYARAKAT JADIKAN IBADAH PUASA SEBAGAI MOMENTUM TINGKATKAN TAKWA DAN KEPEDULIAN   KEPALA KSP MOELDOKO: MASA TRANSISI PENGELOLAAN TAMAN MINI INDONESIA INDAH (TMII) SUDAH DIMULAI   PRESIDEN JOKOWI SEBUT INDONESIA TELAH MEMILIKI SEKITAR 2.193 PERUSAHAAN RINTISAN   PRESIDEN JOKOWI SEBUT PERKEMBANGAN EKONOMI DIGITAL RI MERUPAKAN YANG TERCEPAT DI ASIA TENGGARA   PRESIDEN JOKOWI: SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA, SEMOGA NEGERI INI DIJAUHKAN DARI PENYAKIT DAN BENCANA   PANDEMI COVID-19, GUBERNUR DKI INGATKAN WARGA HINDARI BUKA PUASA BERSAMA DAN KUMPUL KELUARGA SELAMA RAMADAN