Kompas TV regional berita daerah

Menteri Pertanian RI Kunjungi Subak Jatiluwih

Kompas.tv - 15 Desember 2020, 10:04 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

Tabanan, KOMPASTV - Salah satu optimalisasi potensi lahan persawahan irigasi selain mengandalkan pertanian , adalah dengan merekayasa lahan sawah dengan memelihara ikan atau disebut dengan mina padi . Hal inilah yang saat ini menjadi perhatian dari kementerian pertanian , syahrul yasin limpo , pada kunjungannya ke subak jatiluwih di desa jatiluwih , kecamatan penebel , kabupaten tabanan , jumat sore. 

Rencananya, menteri yang juga menjabat sebagai pejabat sementara kementerian kelautan dan perikanan ini , akan menebar bibit ikan seperti gurami dan lele di persawahan warga , selain itu pengembangan ternak sapi dan komoditas buah-buahan lainnya seperti kelapa dan jeruk juga akan dilakukan,  tujuannya untuk meningkatkan pendapatan para petani.

Sementara itu kepala dinas pertanian dan ketahanan pangan , Ida Bagus Wisnuardhana pun mengatakan siap akan opsi yang ditawarkan oleh kementerian pertanian. Pihaknya meyakini program ini tidak akan mengganggu keindahan alam jatiluwih , dan semakin menekan serta meniadakan kasus alih fungsi lahan yang kerap terjadi .

Jatiluwih dikenal sebagai salah satu wilayah di bali yang memililki sawah terasering terbesar , dan penghasil beras berkualitas tinggi . bahkan saat ini subak jatiluwih juga ditetapkan sebagai warisan budaya dunia, oleh UNESCO .

#unesco #jatiluwih #menteripertanian #warisanbudaya



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x