Kompas TV nasional peristiwa

Total 58 Adegan di Empat Titik Lokasi Rekonstruksi Bentrok Polisi dengan FPI

Kompas.tv - 14 Desember 2020, 12:09 WIB
Penulis : Reny Mardika

KARAWANG, KOMPAS.TV - Tim gabungan dari Bareskrim Mabes Polri dan Polda Metro Jaya menggelar rekonstruksi bentrokan antara anggota kepolisian dan anggota FPI.

Rekonstruksi digelar di empat titik di wilayah Karawang, Jawa Barat, Senin (14/12/2020) dini hari.

Total dari rekonstruksi di empat titik lokasi terdapat 58 adegan yang diperagakan.

Menurut Kadiv Humas Polri, Irjen Argo Yuwono, rekonstruksi digelar untuk membuktikan bahwa polri transparan.

Titik pertama rekonstruksi digelar di sekitar pintu keluar tol Karawang barat dan timur yang dimulai sejak pukul 00.00 WIB.

Dari hasil rekonstruksi di titik pertama, diketahui mobil yang dikendarai oleh enam anggota FPI menyalip mobil yang ditumpangi oleh angggota kepolisian.

Kemudian enam anggota FPI turun dari mobil,diduga membawa senjata tajam, senjata api, dan menyerang mobil anggota kepolisian.

Sementara lokasi kedua, rekontruksi digelar di jembatan Badami.

Di lokasi kedua ini, mobil minibus perak yang dikendarai oleh anggota polisi melakukan pengejaran dan menyalip mobil yang dikendarai oleh anggota FPI yang kemudian disalip kembali oleh anggota FPI.

Pada saat menyalip inilah seorang anggota FPI sempat mengeluarkan senjata api ke arah mobil yang dikendarai oleh polisi.

Setelah terjadi saling salip kembali, petugas kepolisian mengepung mobil anggota FPI.

Selanjutnya rekontruksi digelar di kilometer 50 tol Jakarta-Cikampek.

Di lokasi ketiga ini anggota polisi berhasil menyalip dan memberhentikan mobil yang dikendarai oleh anggota FPI.

Di lokasi ini, dua anggota FPI ditembak oleh anggota polisi, sementara empat anggota lainnya yang sempat diperintahkan untuk bertiarap dan digeledah, dan kemudian dibawa oleh mobil polisi yang berbeda.

Di lokasi ke empat di kilometer 51, mobil polisi yang membawa empat orang anggota FPI kemudian menepi dan menembak empat anggota FPI tersebut di lokasi.

Menurut pihak kepolisian, penembakan tersebut merupakan tindakan terukur karena ada upaya mencoba merebut senjata api dari anggota kepolisian yang berada didalam mobil.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x