Kompas TV nasional berkas kompas

Tetap Berjuang di Garda Depan - BERKAS KOMPAS

Kompas.tv - 10 Desember 2020, 22:08 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sembilan bulan sudah bangsa ini berjuang menekan laju penyebaran virus corona. Namun hingga kini angka kasus Covid-19 masih bergerak naik.

Satuan Tugas Covid 19 mencatat kasus positif virus corona di Indonesia menembus angka 500.000 kasus. Per 9 Desember 2020 angka kematian nyaris menyentuh 18.000 jiwa. Tapi kita patut bersyukur karena lebih dari 460.000 pasien telah dinyatakan sembuh.

Dalam upaya menangani kasus Covid-19 pada 11 Oktober lalu Indonesia telah memiliki total 903 rumah sakit rujukan bagi pasien positif Covid-19. Itu artinya dalam perang melawan corona makin banyak pejuang kesehatan terlibat.

Ada lebih dari 360.000 tenaga medis yang terdiri dari dokter spesialis paru, spesialis penyakit dalam, dokter umum dan perawat yang di terjunkan. Supaya tidak terinfeksi corona,

APD menjadi kelengkapan yang wajib dipakainya, sebab banyak pasien datang bergejala Covid-19 sebagian diantaranya kemudian diketahui positif terjangkit Covid-19.

Keterbatasan alat pelindung diri membuat tenaga medis mesti memupuk kesabaran. Seperti yang dialami Eva, dokter spesialis paru yang pernah terpapar pasien positif corona dan sempat berstatus pasien dalam pengawasan.

Corona sudah merenggut banyak nyawa, tak terkecuali dari tenaga kesehatan. Sejak Maret hingga awal Desember ini ada 342 nakes yang meninggal dunia dan sebagian diantaranya dikarenakan terpapar virus dari pasien yang mereka periksa. Perjuangan nakes mengiris hati, dan ada perjuangan lain yang mereka lalui. 

#BerkasKompas #Corona #VirusCorona



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x