Kompas TV regional berita daerah

Teh Kembang Telang, Minuman Segar Kaya Manfaat

Kompas.tv - 10 Desember 2020, 15:07 WIB
Penulis : KompasTV Surabaya

Kediri, KompasTV Jawa Timur. - Selama pandemi corona, sistem pendidikan formal di Kota Kediri masih menerapkan pembelajaran secara daring atau dari rumah.

Banyaknya waktu luang selama pembelajaran, ternyata mampu dimanfaatkan oleh seorang siswa SD dari Kecamatan Mojoroto Kota Kediri, untuk berkreasi membuat minuman herbal. Adalah Adven Theo Harjuno, siswa kelas 4 SD ini, kini telah mahir membuat minuman teh dari bunga telang.

Berawal dari seringnya Theo ikut sang ibu membuat minuman herbal, ia lantas belajar dan berkreasi membuat minuman dari berbagai tanaman toga yang ada di sekitar rumahnya. Dari berbagai jenis minuman herbal, siswa kelas 4 SD tersebut paling gemar untuk membuat teh dari bunga telang. Untuk membuat satu gelas teh bunga telang, Theo membutuhkan 5 helai bunga telang, serai, gula batu, serta jeruk nipis secukupnya.

Penambahan cengkeh juga dilakukan demi menambah harum, dan memperkuat cita rasa rempah di dalam minuman.

Baca Juga: Si Unik Bonsai Kelapa, dari Hobi Jadi Bisnis

Proses pembuatan teh ini, juga cukup sederhana, bunga telang yang telah dipetik dan dibersihkan, diseduh dengan air panas di dalam gelas, Setelah itu, ditambahkan potongan kayu manis dan gula batu atau madu, serta serai.

Bila warna air berubah menjadi biru/ kemudian tambahkan air jeruk nipis. Meski masih anak-anak, namun theo terlihat mahir dalam proses pembuatan minuman teh telang tersebut. Semua dikerjakan dengan mandiri serta teliti, agar menghasilkan minuman herbal yang enak untuk konsumsi.

Sementara itu, meski minuman tersebut terbuat dari tanaman toga, namun rasa yang dihasilkan tetap digemari anak-anak. Selain menyegarkan, minuman teh telang ini, juga memiliki sifat antioksidan dan anti kanker.

#MinumanHerbal #TehKembangTelang

MEDIA SOSIAL KOMPAS TV JAWA TIMUR :

facebook : https://www.facebook.com/kompastvjatim

instagram : https://www.instagram.com/kompastvjatim

twitter : https://twitter.com/kompastvjatim



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x