Kompas TV internasional kompas dunia

Prototipe Starship SpaceX Meledak Saat Mendarat Dalam Peluncuran Uji Coba

Kompas.tv - 10 Desember 2020, 08:32 WIB
prototipe-starship-spacex-meledak-saat-mendarat-dalam-peluncuran-uji-coba
Prototipe roket Starship SpaceX dilalap api dan meledak setelah mendarat dalam uji coba terbang di Boca Chica, Texas, Amerika Serikat, Rabu, 9 Desember 2020. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu

TEXAS, KOMPAS.TV - Prototipe roket Starship SpaceX, meledak saat upaya pendaratan kembali pada Rabu (9/12/2020). Roket ini meledak hanya beberapa menit setelah peluncuran uji coba yang awalnya terlihat lancar, dari fasilitas perusahaan di Boca Chica, Texas, Amerika Serikat (AS).

Roket Starship yang meledak adalah prototipe setinggi 16 lantai untuk kendaraan peluncur yang dikembangkan oleh perusahaan luar angkasa swasta milik Elon Musk. Pesawat ini ditujukan untuk membawa manusia dan 100 ton kargo untuk misi masa depan menuju bulan dan Mars.

Baca Juga: Israel Persiapkan Misi Pesawat Luar Angkasa Menuju Bulan

Roket ini meledak saat mendarat di landasan pendaratan. Penerbangan uji coba itu dimaksudkan untuk mencapai ketinggian 41.000 kaki, dengan didorong oleh tiga mesin Raptor yang baru dikembangkan SpaceX untuk pertama kalinya.

Musk mengatakan dalam akun Twitternya, bahwa tekanan pada tangki bahan bakar yang rendah, menyebabkan kecepatan pendaratan menjadi tinggi.

Baca Juga: Pesawat Luar Angkasa China yang Mendarat di Bulan, Lepas Landas Kembali ke Bumi

Dia menambahkan, meskipun roketnya meledak, namun SpaceX telah memperoleh semua data yang dibutuhkan dari pengujian tersebut.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x