Kompas TV nasional politik

Jusuf Kalla Bantah Bantu Pulangkan Rizieq Shihab: Kita Ibadah Malah Dituduh Macam-Macam

Kompas.tv - 9 Desember 2020, 00:28 WIB
jusuf-kalla-bantah-bantu-pulangkan-rizieq-shihab-kita-ibadah-malah-dituduh-macam-macam
Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI), Jusuf Kalla (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Mantan Wakil Presiden Ri Jusuf Kalla membantah telah membantu memulangkan Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab dari Arab Saudi ke Indonesia.

Pernyataan tersebut disampaikan langsung oleh Jusuf Kalla untuk membantah isu yang beredar di dunia maya. Bahwa sebelumnya terdapat isu kepulangan Rizieq Shihab untuk memuluskan langkah politik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Pilpres 2024.

Adapun tudingan tersebut muncul lantaran Jusuf Kalla sempat berkunjung ke Arab Saudi sebelum Rizieq Shihab pulang ke Indonesia.

Baca Juga: Jusuf Kalla Ternyata Pernah Ditawari Dukungan Rizieq Shihab Saat Pilpres 2009, Ini Pengakuannya

Menurut Jusuf Kalla, dirinya mengaku ke Arab Saudi untuk menandatangani kerja sama pembangunan Museum Rasulullah Muhammad SAW.

"Saya ke Mekkah ibadah saja, sepulang dari Vatikan. Di samping singgah di Riyadh untuk tanda tangan, kita ibadah malah dituduh macam-macam," kata Jusuf Kalla dalam sebuah wawancara dengan Pemimpin Redaksi Berita Satu Claudius Boekan di kanal YouTube Berita Satu, Jumat (4/12/2020).

Jusuf Kalla lalu membantah tudingan yang menyebut dirinya membawa uang tunai dalam jumlah besar untuk membayar berbagai keperluan Rizieq Shihab pulang ke Indonesia.

Untuk membantah narasi itu, Jusuf Kalla mengatakan, tak masuk akal seseorang bisa membawa uang tunai dalam jumlah besar dan tidak tertangkap oleh petugas Imigrasi negara setempat.

Pria yang akrab disapa JK itu menuturkan, hampir setiap Imigrasi di semua negara mewajibkan penumpang pesawat mendeklarasikan barang bawaannya yang memiliki nilai ekonomi tinggi.

Baca Juga: Jusuf Kalla Sebut Sebenarnya Rizieq Shihab Orang yang Taat Hukum



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x